somberena parlementa

Seluruh SKPD Pengelola Pendapatan dan Perusda Rapat Di Bapenda, Ini Pembahasannya

Selasa, 26 September 2017 22:52 WITA Reporter :
Seluruh SKPD Pengelola Pendapatan dan Perusda Rapat Di Bapenda, Ini Pembahasannya

MAKASSARMETRO– Puluhan perwakilan SKPD pengelola pendapatan Kota Makassar dan Perusahaan Daerah Kota Makassar menghadiri rapat Rekonsiliasi Penerimaan Pendapatan Kota Makassar Juli-Agustus 2017 di Aula Bapenda Makassar, jln. Urip Sumoharjo. Selasa (26/9/2017).

Rapat ini dipandu oleh Kepala Sub Bidang Koordinasi dan Regulasi Bapenda, Muh. Ambar Sallatu, Kasubid Pajak Hotel dan Air Bawah Tanah, Harryman serta Kabid Akuntansi Badan Pengelola Keuangan dan Aset Kota Makassar, M. Fuad Arfandy.

Satu per satu perwakilan SKPD melaporkan target penerimaan pendapatan dalam rapat tersebut, termasuk realisasi penerimaan pendapatannya. Laporan diawali dari perwakilan Dinas Kesehatan dan diakhiri oleh Kecamatan Wajo.

Berdasarkan pemaparan para peserta rapat, tercatat bahwa hanya Kecamatan Biringkanaya, Bontoala, Mariso, Rappocini, Ujung Tanah yang realisasi penerimaannya mencapai target. Di mana penerimaan pendapatan Kota Makassar melalui Pemerintah Kecamatan diambil dari retribusi sampah.

“Kepada yang realisasinya mencapai target diusulkan agar menambah targetnya disesuaikan dengan indikator yang terukur,” ungkap Harryman.

Sedangkan yang realisasinya masih jauh dari target, Harryman menyarankan agar tetap mengoptimalkan penerimaan pendapatannya. Peningkatan target penerimaan pendapatan ini nantinya akan dijadikan tolok ukur penerimaan di tahun yang akan datang.

Sementara itu, M. Fuad Arfandy juga menyarankan hal yang sama dengan sejumlah catatan. Yakni, jika ingin meningkatkan target melalui RKA perubahan maka perlu dipertimbangkan potensi-potensi penerimaan lainnya sebelum 31 Desember 2017.

“Ini baru laporan Agustus, belum September, Oktober, November, dan Desember sudah ada yang capai target dan ada yang menghampiri. Jadi diharapkan agar meningkatkan target pada RKA Perubahan, jika optimis dapat menggali potensi penerimaan pendapatan,” terang Fuad.

Namun, M. Fuad Arfandi mengingatkan, meskipun total penerimaan pendapatan Kota Makassar 2017 terhitung hingga Agustus mencapai 59,32 % masih banyak yang harus dimaksimalkan oleh SKPD dan Perusda. Sebab dari keseluruhan penerimaan tersebut, terdapat penerimaan dari pusat sepeti Dana Alokasi Khusus (DAK).

Berikan Komentar
Komentar Pembaca