Kepala Bappeda Makassar Paparkan Hasil Monev Triwulan III 2017

Senin, 16 Oktober 2017 15:50 WITA Reporter :
Kepala Bappeda Makassar Paparkan Hasil Monev Triwulan III 2017

MAKASSARMETRO– Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar mengumpulkan seluruh SKPD lingkup Kota Makassar di ruang Sipakalebbi, Balaikota Makassar. Senin (16/10/2017).

Seluruh SKPD dimonitoring sekaligus dievaluasi kegiatannya dalam APBD Triwulan III Tahun Anggaran 2017. Berdasarkan keterangan Kepala Bappeda, A. Khadijah Iriani, sejumlah SKPD serapan anggarannya masih di bawah 40 persen.

“Sudah banyak, sekitar 30 an persen yang raportnya sudah hitam atau di atas 60 persen. Kemudian raport biru untuk serapan 40 hingga 60 persen telah dicapai oleh 50 persen SKPD. Sisanya sekitar 5 persen lah SKPD masih di bawah 40 persen serapannya, atau masih raport merah,” ungkap A. Khadijah Iriani.

A. Khadijah Iriani mengungkapkan, keterlambatan serapan APBD disebabkan oleh sejumlah item kegiatan, khususnya yang sifatnya perlu melalui proses tender.

“Persoalan lelang yang memperlambat, kemudian ada juga rekanan kita yang tidak mau mengambil uang muka namun dikerjakan, ada juga yang sudah ambil uang muka namun tidak dikerjakan,” lanjut A. Khadijah Iriani.

A. Khadijah menambahkan, bahwa Plt. Sekda Kota Makassar menghimbau kepada seluruh SKPD yang belum mencapai 40 persen serapan anggarannya agar segera memberikan laporan tertulis ke Walikota Makassar.

“Tapi secara umum sebenarnya sudah bagus semua, persoalannya cuma itu tadi, ada yang gagal lelang, lambat pencairan anggaran dan rekanan tidak mau ambil uang muka,” imbuhnya.

Berdasarkan keterangan A. Khadijah Iriani, Pete-pete Smart kembali tidak memperoleh penawaran. Dengan demikian Pete-pete Smart telah melalui 3 kali gagal lelang.

“Berdasarkan informasi, kalau sudah tiga kali gagal lelang bisa langsung dikerja,” tutupnya.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca