Kepala Bappeda Makassar Harap SKPD Capai 90 Persen Serapan Anggaran

Rabu, 25 Oktober 2017 21:00 WITA Reporter :
Kepala Bappeda Makassar Harap SKPD Capai 90 Persen Serapan Anggaran

MAKASSARMETRO– Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi yang dilakukan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Makassar terhadap seluruh SKPD, masih ada yang serapan anggarannya masih di bawah 40 persen meskipun telah memasuki Triwulan III Tahun Anggaran 2017.

Kepala Bappeda Makassar, A. Khadijah Iriani mengatakan keterlambatan serapan APBD salah satunya disebabkan oleh sejumlah item kegiatan, khususnya yang sifatnya perlu melalui proses tender.

“Bagi yang serapan anggarannya rendah, janjinya di akhir masa penyerapan anggaran sudah di atas 90 persen,” ungkap A. Khadijah Iriani saat ditemui, Rabu (25/10/2017).

A. Khadijah Iriani menyampaikan pencapaian di atas 90 persen serapan anggaran, tidak hanya berlaku bagi SKPD yang memiliki raport merah atau serapan anggaran di bawah 40 persen. Namun juga berlaku bagi seluruh SKPD.

“Ini berlaku untuk semua, kan ada raport merah, raport biru dan rapor hitam, semuanya bbelum ada yang capai 90 persen. Yang paling tinggi serapannya 81 persen oleh Dinas Koperasi,” terang A. Khadijah Iriani.

Sebelumnya, A. Khadijah Iriani memaparka bahwa sekitar 30 an persen yang raportnya sudah hitam atau di atas 60 persen. Kemudian raport biru untuk serapan 40 hingga 60 persen telah dicapai oleh 50 persen SKPD. Sisanya sekitar 5 persen lah SKPD masih di bawah 40 persen serapannya, atau masih raport merah.

A. Khadijah Iriani selaku kepala Bappeda tetap melakukan monitoring atau pemantauan terhadap SKPD terkait serapan anggaran serta kinerja SKPD melalui program kerja yang telah tertuang dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah.

“Meski serapan anggarannya tinggi atau pun rendah, nanti akan kelihatan pencapaian kinerjanya yang indikator tolok ukurnya di RPJMD kita,” tutupnya.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca