Bappeda Makassar Evaluasi Program Strategis RPJMD Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah

Kamis, 26 Oktober 2017 12:39 WITA Reporter :
Bappeda Makassar Evaluasi Program Strategis RPJMD Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah

MAKASSARMETRO– Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar mengevaluasi Program Strategis RPJMD Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Tahun 2017. Evaluasi ini digelar di Golden Tulip Hotel, jln. Sultan Hasanuddin. Kamis (26/10/2017).

Kegiatan yang bertujuan untuk mengevaluasi pencapaian prioritas pembangunan serta pengaruh isu strategis mengenai pembangunan ini dibuka oleh Staf Ahli Walikota Makassar, Abd. Azis Hasan.

“Pencapaian target program strategis dari RPJMD 2014-2019 yang tidak tercapai dan tidak terlaksana akan kita evaluasi. Ini upaya Pemkot Makassar dalam mengendalikan perencanaan pembangunan daerah,” ungkap Azis Hasan.

Analisisnya mencakup berhasil atau tidaknya pelaksanaan pembangunan yang telah direncanakan, termasuk pencapaian target program strategis 8 Jalan Masa Depan yang terdiri dari 24 program strategis dan 19 program prioritas hasil rapat koordinasi khusus (Rakorsus) tahun 2017.

Diantara 24 program strategis sejumlah 15 program yang akan dipaparkan oleh perangkat daerah pada hari ini terkait program strategis bidang infrastruktur dan pengembangan wilayah, antara lain Penukaran Sampah Dengan Beras, Pembangunan Rumah Murah, Pengembangan Kebun Kota, Penyelesaian Masalah Banjir, Pembangunan Water Front City, Pembangunan Transportasi Publik Yang Aksesible, Pengembangan Pinggir Kota, Pengembangan Taman Tematik, Penataan Lorong, Peningkatan Pendapatan Asli Daerah,
Peningkatan Etos Kerja Dan Kinerja RT/RW, Peningkatan Pelayanan Di Kelurahan, Pengembangan Pelayanan Terpadu Di Kecamatan, Pengembangan Akses Internet Pada Ruang Publik.

Sedangkan untuk program hasil rakorsus yang telah ditetapkan antara lain : Coffee And Coto Culinary Corridor “Nusantara”, Kaki Limata, Ja/an Bintang Lima “Landak”, “Bundaratta” Pedestrian Bintang Lima, New Water Front City, Badan Usaha Lorong (Bulo), Nama Baru Jalan, Sombere And Smart City, Total CCTV, New Traffic Management, PTSP Bintang 5, TPA Bintang 5 Dan Sircuit, Waste To Energy, Kantongisasi Sampah, Bank Sampah.

Berdasarkan keterangan Kepala Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Bappeda, Imbang Mulyanto hasil evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan periode sebelumnya akan menjadi acuan perumusan program dan kegiatan sesuai sasaran RPJMD pada tahun mendatang.

“Ini merupakan bagian dari upaya percepatan pencapaian visi misi pembangunan daerah yang telah memasuki tahun ketiga. Jadi masalah yang dihadapi menjadi bahan perumusan kebijakan untuk menjawab isu strategis lainnya dalam pembangunan daerah,” tutupnya.

Kegiatan ini dihadiri Dinas Penataan Ruang, Dinas Komunikasi Informasi, Dinas Perhubungan, Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Dinas Lingkungan Hidup, dan Perwakilan Seluruh Kecamatan se-Kota Makassar.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca