Peroleh Hibah Rp.1,5 M Untuk Sanitasi, Bappeda Makassar Libatkan Masyarakat Dalam Perencanaan

Selasa, 14 November 2017 13:15 WITA Reporter :
Peroleh Hibah Rp.1,5 M Untuk Sanitasi, Bappeda Makassar Libatkan Masyarakat Dalam Perencanaan

MAKASSARMETRO– Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar menggelar Lokakarya Sanitasi Program Hibah Air Limbah Setempat Di Kota Makassar. Kegiatan ini digelar di Hotel Horison Ultima, jln. Jend. Sudirman. Selasa (14/11/2017).

Kepala Bappeda Makassar, A. Khadijah Iriani memaparkan kegiatan ini bertujuan menyamakan persepsi masyarakat bersama Badan Keswadayaan Masyarakat mengenai program akan kita lakukan dengan dana Rp. 1,5 miliar terkait pengelolaan air limbah, sanitasi atau MCK.

“Kota Makassar dilirik kemajuannya dalam upaya menuju Pencapaian Universal 2018 100-0-100 sehingga digelontorkan hibah Rp.1,5 milyar APBN dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI, ada juga ADB, ada juga RICE,” kata A. Khadijah Iriani.

Apalagi Kota Makassar, lanjut A. Khadijah Iriani merupakan wilayah percontohan untuk sanitasi perkotaan. Di mana awal Desember nanti Kota Makassar menjadi tuan rumah City Sanitation Summit 2017.

A. Khadijah Iriani juga memaparkan program skala nasional yang tertuang dalam RPJMN tersebut membutuhkan percepatan di sejumlah kawasan kumuh di Kota Makassar. Dia menyebutkan terdapat 12 kelurahan yang menjadi fokus percepatan ini.

” Jadi selain penyamaan persepsi, dalam kegiatan ini kita sosialisasikan ke masyarakat bahwa kita diberikan hibah dari Kementerian PUPR, maka dari itu kita ingin mengecek seperti apakah ada IPAL Komunal yang memerlukan perbaikan, ataukah penambahan,” terangnya

Dia menambahkan, keterlibatan masyarakat mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga pemanfaatan merupakan kunci untuk mewujudkan seratus persen sanitasi layak, nol persen pemukiman kumuh, dan seratus persen akses air bersih.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca