somberena parlementa

Pemkot Makassar Jadi Pembicara Di Waste Seminar 2017

Selasa, 12 Desember 2017 15:01 WITA Reporter :
Pemkot Makassar Jadi Pembicara Di Waste Seminar 2017

MAKASSARMETRO– Pemerintah Kota Makassar menjadi satu-satunya narasumber dari pihak pemerintah daerah dalam Waste Seminar 2017. Kegiatan skala internasional ini digelar di Fairmont Hotel, Jakarta. Selasa (12/12/2017).

Kepala Dinas Sosial Makassar, Mukhtar Tahir tampil sebagai pembicara mewakili Pemkot Makassar, dengan membawakan materi Role of Local Government on Preventing Solid Waste Littering into The Sea.

Sementara pembicara yang lain berasal dari Kementerian Lingkungan Hidup RI, Kedutaan Besar Norwegia, Kedutaan Besar Denmark, akademisi dari sejumlah universitas, dan beberapa perwakilan organisasi non pemerintah serta sejumlah perusahaan multi nasional.

Terpilihnya Kota Makassar sebagai pembicara dalam seminar ini bukannya tanpa alasan. Pengelolaan perkotaan termasuk, sanitasi persoalan sampah dan air limbah di Kota Makassar terbukti berhasil.

Hal ini tidak terlepas dari peran Pemkot Makassar melalui sejumlah kebijakan dan program yang mengakar hingga ke lorong-lorong. Tidak hanya itu, partisipasi masyarakat dalam penanganan dan pencegahan juga sangat besar

Program Makassar Tidak Rantasa, yang melingkupi pemenuhan infrastruktur drainase hingga optimalisasi pintu air sebagai filter sampah di sejumlah titik yang berbatasan dengan laut. Demikian pula dengan penanaman nilai melalui gerakan Lihat Sampah Ambil.

Dibentuknya Satgas-Satgas Drainase hingga tingkatan kelurahan yang siap melakukan normalisasi drainase hingga ke lorong-lorong. Begitu juga dengan sirkulasi persampahan dengan menggunakan kendaraan seperti Fukuda di tingkat kelurahan, dan mobil Pattasaki di tingkat kecamatan. Keberadaan Bank Sampah di tiap RW seluruh Kota Makassar juga merupakan bagian dari rangkaian kebijakan dan program Pemkot Makassar.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca