Target WTP Tahun Berikutnya, BPKAD Makassar Genjot Pelatihan Bagi PPK dan PPTK SKPD

Rabu, 13 Desember 2017 13:44 WITA Reporter :
Target WTP Tahun Berikutnya, BPKAD Makassar Genjot Pelatihan Bagi PPK dan PPTK SKPD

MAKASSARMETRO– Pemerintah Kota Makassar telah meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK selama dua kali berturut-turut. Tidak puas sampai disitu, Pemkot Makassar ingin predikat WTP terus disandang.
Oleh karena itu, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) terus melatih SDM di seluruh SKPD untuk tujuan tersebut.

Salah satu upayanya yakni, menggelar workshop Penatausahaan, Pengadministrasian, dan Pelaporan Kegiatan SKPD bagi Pejabat Penatausahan Keuangan (PPK) dan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) SKPD se-Kota Makassar.

Kegiatan yang telah memasuki angkatan keempat ini digelar di Hotel Singgasana, Rabu (13/12/2017). Yang bertujuan meningkatkan pemahaman dan kapasitas dalam penyusunan pelaporan keuangan yang benar sesuai sistem akuntansi pemerintahan.

“Perolehan WTP adalah keharusan, apalagi kita sudah pakai sistem online. Maka perlu persamaan persepsi dari seluruh PPK dan PPTK SKPD dalam penataan, administrasi dan pelaporan. Termasuk pelaporan keuangan,” kata Asisten II Pemkot Makassar, Kusaiyyeng.

Kusaiyyeng mengatakan penyusunan pelaporan keuangan Pemkot Makassar sudah baik. Namun, harus terus ditingkatkan dan disempurnakan. Sebagai implementasi konsep desentralisasi keuangan dan pertanggungjawaban keuangan daerah kepada SKPD masing-masing, makanya diperlukan persamaan persepsi.

Kusaiyyeng melanjutkan, peran, tugas dan tanggung jawab PPK dan PPTK di tiap SKPD merupakan hal sangat penting. Oleh karenanya, melalui workshop ini hal yang berkaitan dengan tugas dan tanggung jawabnya harus dipahami dengan baik.

” Maka dari itu, saya mengingatkan agar para peserta mengikuti workshop penataan, pengadministrasian dan pelaporan tanggung jawab pengelolaan keuangan ini dengan seksama,” ujarnya.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca