somberena parlementa

Bapenda Makassar: Penyelenggara Reklame Harus Patuh Aturan dan Mekanisme

Jumat, 15 Desember 2017 13:54 WITA Reporter :
Bapenda Makassar: Penyelenggara Reklame Harus Patuh Aturan dan Mekanisme

MAKASSARMETRO– Penerimaan pendapatan asli daerah (PAD) Kota Makassar dari pajak reklame mengalami peningkatan dari tahun 2016. Hal tersebut disampaikan Kabid I Badan Pendapatan Daerah Makassar, Ibrahim Akkas Mulla, Jumat (15/12/2017).

“Peningkatannya cukup signifikan, sekarang kita capai Rp. 31,7 miliar. Dibanding tahun kemarin, kita over sekitar Rp.19 milyar. Jadi, realisasi tahun ini sudah 99 persen,” kata Ibrahim Akkas Mulla.

Meski demikian, pihaknya tidak ingin berpuas diri. Bapenda terus memberikan pemahaman mengenai betapa pentingnya kontribusi pajak reklame dalam pembangunan Kota Makassar, salah satunya melalui Sosialisasi Kepatutan Pajak Reklame.

“Tapi reklame, bukan hanya persoalan kontribusi pendapatan saja. Tetapi juga penempatan serta konten yang ditampilkan, agar tidak mengganggu estetika Kota Makassar, apalagi Pak Wali konsen soal penataan kota, ditambah tampilan yang layak dikonsumsi semua umur,” ungkap Ibrahim.

Melalui sosialisasi yang digelar Ibrahim berharap agar para penyelenggara reklame mematuhi aturan dan mekanisme yang berlaku. Selain harus patuh menyetorkan pajak yang sifatnya wajib dan memaksa, juga harus mengikuti prosedur.

“Tidak boleh asal dipasang, makanya harus melalui Bapenda. Kita akan cek penempatannnya. Terus kita cek apakah kontennya tidak mengandung unsur SARA atau pornografi. Sebab reklame ini sifatnya mempublikasikan, jadi harus pantas ditampilkan,” tutupnya.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca