pelayanan publik

Buka Festival Attoeng-Attojang 2017, Indira Yusuf Ismail Kenang Sang Ibu

Jumat, 22 Desember 2017 22:15 WITA Reporter :
Buka Festival Attoeng-Attojang 2017, Indira Yusuf Ismail Kenang Sang Ibu

MAKASSARMETRO– Ketua TP PKK Kota Makassar, Indira Yusuf Ismail menghadiri sekaligus membuka Festival Attoeng/Mattojang 2017. Festival ini digelar di Gedung Society de Harmonie, dalam rangka memperingati Hari Ibu.

Dalam sambutannya, Indira Yusuf Ismail mengatakan, tantangan dalam mendidik anak membutuhkan nilai-nilai kearifan lokal. Budaya “tojang” atau “toeng” yang berarti ayun, merupakan media kasih sayang seorang ibu, pendidikan, serta doa dalam satu paket.

“Ini mengingatkan pada masa kecil saya, di mana saya dulu ditoeng (diayun) oleh ibu saya. Kita dulu kalau ditoeng biasa dinyanyikan lagu-lagu yang berisi doa, kalau sekarang mulai bergeser dengan lagu-lagu yang tidak jelas,” ungkap Indira Yusuf Ismail, Jumat (22/12/2017).

Menurut Indira Yusuf, budaya toeng atau tojang perlu dimasyarakatkan kembali mengingat betapa pentingnya sentuhan lembut ibu, serta doa dan harapan dalam iringan lagu pengantar tidur kala diayun.

“Kita hadir di sini, saat ini, berkat doa-doa ibu kita lewat lagu pengantar tidur pas diayun. Doa ibu mampu membentuk karakter anak dan pesan-pesan moral di dalamnya, nilai-nilainya sangat arif,” katanya.

Indira Yusuf Ismail mengapresiasi terlaksananya kegiatan yang digelar oleh Dinas Pendidikan Kota Makassar bekerja sama dengan Rumah Kelong yang mengusung tema Attoeng/Attojang sebagai Medium Penguatan Karakter ini.

“Saya mengapresiasi kegiatan ini, semoga bisa menjadi agenda tahunan. Dan semoga bisa dibudayakan kembali, agar generasi kita tumbuh dan besar menjadi generasi yang membawa Makassar dua kali lebih baik,” tutupnya

Berikan Komentar
Komentar Pembaca