Wow! Perputaran Uang Bank Sampah Makassar Capai Rp. 2,7 Milyar

Sabtu, 23 Desember 2017 22:05 WITA Reporter :
Wow! Perputaran Uang Bank Sampah Makassar Capai Rp. 2,7 Milyar

MAKASSARMETRO– Bank Sampah di Kota Makassar semakin menjamur, hingga di tingkat RW. Tercatat lebih dari 950 Bank Sampah telah didirikan di seluruh Kota Makassar, dengan 250.000 nasabah bank sampah.

Hal tersebut disampaikan Direktur Yayasan Peduli Negeri yang juga Presiden Bank Sampah Indonesia, Saharuddin Ridwan dalam acara Award for Makassar Green and Clean Program Bank Sampah 2017 di Balai Diklat Makassar, jln. Anggrek. Sabtu (23/12/2017?.

“Sampai Desember 2017 perputaran uang di 950 lebih bank sampah, mencapai Rp. 2,7 miliyar dengan 50.000 lebih rumah tangga penerima manfaat sebagai nasabah,” ungkap Saharuddin Ridwan.

Saharuddin melanjutkan keberadaan dan keberlanjutan Bank Sampah di Makassar tidak terlepas dari intervensi Pemerintah Kota Makassar yang dikomandoi Moh. Ramdhan Pomanto.

“Saya sudah berkeliling di sejumlah daerah, belum ada yang begitu memperhatikan Bank Sampah seperti di Makassar. Alhamdulillaah, Pemkot Makassar melakukan intervensi baik melalui regulasi dan integrasi program Makassar Tidak Rantasa, termasuk pembentukan UPTD serta membantu distribusi ke pembeli dan penetapan harganya,” kata Saharuddin.

Bank Sampah memiliki banyak dampak positif, Saharuddin memaparkan setidaknya terdapat tiga dampak yang sangat terasa dari program ini, “pertama lingkungan jadi bersih dan setidaknya kita telah mereduksi sampah sebesar 1500 ton, jadi tidak langsung ke TPA. Kedua bernilai sosial, masyarakat berinteraksi melalui program ini malahan menginisiasi dari bawah. Terakhir nilai ekonomi berupa pendapatan tambahan bagi masyarakat,” jelasnya

Dia juga membeberkan pihaknya sering kedatangan tamu dari sejumlah daerah di Indonesia yang ingin mempelajari sinergitas masyarakat dan Pemerintah Kota Makassar soal Bank Sampah.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca