somberena parlementa

Jajaki Kerja Sama Pengelolaan Air, Komisi Eropa dan Seville Sambangi PDAM Makassar

Kamis, 25 Januari 2018 17:11 WITA Reporter :
Jajaki Kerja Sama Pengelolaan Air, Komisi Eropa dan Seville Sambangi PDAM Makassar

MAKASSARMETRO– PDAM Kota Makassar menerima kunjungan kerja Komisi Eropa bersama Pemerintah Seville, Spanyol. Dalam rombongan tersebut hadir pula perwakilan perusahaan pengelola air minum Seville dan perwakilan Andalusia Smartcity Kamis,(25/1/2018).

Kunjungan ini guna menindaklanjuti kerja sama yang telah dibangun sebelumnya, di mana Kota Makassar dan Kota Seville telah menjajaki “sister city”, utamanya dalam sistem integrasi smart city.

Subdirektorat Andalusia Smartcity, Diego Gil Barroso selaku pimpinan rombongan memaparkan pihaknya ingin meningkatkan kerja sama dengan Kota Makassar yang dikenal terus menggenjot Smartcity dengan paduan kearifan lokal.

“Kami telah menandatangani kerja sama pada November tahun lalu. Dan kami ingin. Memulainya dari sektor pengelolaan air dan pengelolaan air limbah,” ungkap Diego dengan perantara penerjemah

Dia juga memaparkan, bahwa di Seville pengelolaan air dan distribusi telah diintegrasikan dalam sistem Smartcity. Tujuannya ke PDAM Makassar untuk meninjau langsung pengelolaan air yang akan dilaporkan ke Komisi Eropa.

“Kami ingin mencari kerjasama konkret antara Sevilla dan Makassar. Hasil dari tinjauan ini akan kami laporkan ke Komisi Eropa dan akan mencarikan sumber pendanaan di Komisi Eropa,” ungkap Diego.

Sementara itu, Dirut PDAM Makassar, Haris Yasin Limpo berharap kunjungan ini dapat menguntungkan kedua belah pihak nantinya dalam pengelolaan dan distribusi air minum. Apalagi Kota Makassar tidak memiliki sumber air baku, sebab didistribusikan dari Bili-Bili, Kabupaten Gowa dan Leko Paccing, Kabupaten Maros.

“Kota Makassar tidak punya sumber air baku. Mereka punya konsep bagaimana ketahanan air, kita membutuhkan itu,” kata Haris Yasin Limpo

Berikan Komentar
Komentar Pembaca