somberena parlementa

Berhasil Turunkan Angka Pengangguran Terbuka, Disnaker Makassar Akan Lakukan Ini di Tahun 2018

Rabu, 31 Januari 2018 19:27 WITA Reporter :
Berhasil Turunkan Angka Pengangguran Terbuka, Disnaker Makassar Akan Lakukan Ini di Tahun 2018

MAKASSARMETRO– Meski memiliki sejumlah aral rintangan Dinas Ketenagakerjaan Kota Makassar tetap menunjukkan keseriusannya untuk mewujudkan ketenagakerjaan yang profesional, mandiri, berdaya saing, harmonis dan sejahtera.

Hal tersebut dapat dilihat dari arah kebijakan Disnaker Makassar untuk tahun 2018 seperti yang dipaparkan Kepala Disnaker Makassar, A. Irwan Bangsawan. Selasa (30/1/2018).

“Untuk mengatasi angka pengangguran serta rendahnya mutu dan kompetensi tenaga kerja, kami terus berupaya melakukan peningkatan kualitas dan produktifitas serta sertifikasi kompetensi bekerja sama dengan Kementerian (Kementerian Tenaga Kerja -red),” urai A. Irwan Bangsawan.

A. Irwan mengatakan khusus untuk peningkatan kualitas serta sertifikasi kompetensi, Disnaker akan melakukan sejumlah inovasi untuk meningkatkan daya saing tenaga kerja. “Kita akan berikan pelatihan atau kursus bahasa seperti bahasa Inggris, Mandarin dan Jepang. Harus diakui persoalan ini kerap menjadi rintangan bagi tenaga kerja kita,” katanya

Begitu juga untuk perluasan wilayah kerja, A. Irwan menyampaikan mampu mengatasi persoalan rendahnya mutu dan kompetensi tenaga kerja. Sebagaimana diketahui, Disnaker Makassar untuk tahun 2017 telah menggelar 3 kali Job Fair dengan serapan mencapai ribuan tenaga kerja.

Selain itu, untuk menciptakan iklim hubungan industrial yang harmonis Disnaker Makassar juga telah menetapkan sejumlah item layanan. Meski demikian dirinya mengaku masih butuh dimaksimalkan.

“Hubungan industri yang kondusif juga menjadi perhatian kita. Kita ingin agar penyelenggara usaha tetap beroperasi di sisi lain kita juga ingin tenaga kerjanya sejahtera. Maka dari itu kita sudah lakukan sejumlah item layanan agar hubungan industrial tetap harmonis,” kuncinya.

Berdasarkan informasi yang diterima, untuk tahun 2017 angka pengangguran terbuka menurun di angka 65.954 dibandingkan dengan tahun 2015 yang mencapai 71.306.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca