Kepala Bappeda: Akhir RPJMD Usulan Mulai Berimbang

Selasa, 13 Maret 2018 16:57 WITA Reporter :
Kepala Bappeda: Akhir RPJMD Usulan Mulai Berimbang

MAKASSARMETRO– Seperti tahun sebelumnya, persoalan infrastruktur masih mendominasi usulan pada Musyawarah Rencana Pembangunan tingkat Kota Makassar 2019. Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Makassar, A. Khadijah Iriani. Selasa (13/2/2018).

“Lagi-lagi infrastruktur paling banyak padahal pembangunan bukan cuma infrastruktur melainkan juga pembangunan manusianya,” kata A. Khadijah Iriani

Menurutnya, meski persoalan infrastruktur sangat penting namun tetap dibutuhkan sebagai penunjang pembangunan. Apalagi adanya Indeks Pembangunan Manusia sebagai indikator keberhasilan.”Biar infrastruktur bagus kalau manusianya tidak cerdas,” ujarnya.

Pembangunan non infrastruktur oleh A. Khadijah, beberapa di antaranya seperti persoalan kesehatan dan pendidikan. Meski begitu, A. Khadijah mengaku dibanding tahun lalu, usulan infrastruktur mulai berkurang secara perlahan.

“Masyarakat juga memahami di akhir RPJMD kita kelihatannya sudah mulai berimbang. Pengertian masyarakat akan Musrembang sebagai perencanaan pembangunan infrastruktur dan pembangunan non infrastruktur sudah mulai berimbang perlahan,” urainya.

Di akhir RPJMD 2014-2019 ini, A. Khadijah Iriani mengatakan akan melakukan penajaman dalam sejumlah program, khususnya yang berfokus pada penanganan kesejahteraan dan pengentasan kemiskinan.

“Pada umumnya program harus selesai, ada juga yang sifatnya berkelanjutan. Tapi tetap ada penajaman yang menjadi tanggung jawab masing-masing SKPD,” kata A. Khadijah.

Dia memaparkan baik, program infrastruktur maupun non infrastruktur yang akan dilaksanakan oleh SKPD terkait outputnya adalah untuk mencapai visi misi kepemimpinan Moh. Ramdhan Pomanto dan Syamsu Rizal.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca