somberena parlementa

Susun RKPD 2019, Pemkot Makassar Sempurnakan Implementasi Program di RPJMD 2014-2019

Selasa, 13 Maret 2018 12:49 WITA Reporter :
Susun RKPD 2019, Pemkot Makassar Sempurnakan Implementasi Program di RPJMD 2014-2019

MAKASSARMETRO– Guna merumuskan Rencana Kerja Pemerintah Daerah tahun 2019, Pemerintah Kota Makassar menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan tingkat Kota Makassar. Musrenbang kali ini digelar di Grand Clarion Hotel, jln. AP. Pettarani. Selasa (13/3/2018).

Plt. Walikota Makassar, Syamsu Rizal memaparkan penyusunan RKPD tahun 2019, merupakan tahap finishing atau penyempurnaan dari Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah 2014-2019 yang merupakan penjabaran visi kepemimpinan DIA (Danny Pomanto-Deng Ical).

“Sifatnya penyelesaian atau finishing sejumlah program kegiatan yang bisa jadi realisasinya itu tidak sampai 100 persen. Misi kita yang tiga yang mau kita nilai, kebijakannya terimplementasi atau tidak, kira-kira apa hambatannya. Bagaimana sinkronisasinya dengan program pusat dan provinsi,” kata Deng Ical, sapaan akrab Syamsu Rizal.

Mengenai progres pencapaian, Deng Ical juga mengatakan terdapat banyak indikator yang dapat digunakan untuk membedah pencapaian program. Beberapa di antaranya Indeks Pembangunan Manusia, tren angka pengangguran.

“Kami ingin memastikan program kita sampai ke masyarakat, bisa dilihat IPM, angka tren kemiskinan dan pengangguran, PDRB. Kita mau di 2019 yang tersisa ini semua program dicambuk-cambuki (digenjot) dalam konteks RPJMD,” seru Deng Ical.

Lebih lanjut Deng Ical menjelaskan nanti April-Mei pihak Pemkot Makassar akan memaparkan progresnya dihadapan DPRD Makassar.

“Sekali lagi kita ingin pastikan semua program sampai ke masyarakat. Saya tidak bisa menilai, silahkan teman-teman nilai menggunakan pisau analisis tadi. Seberapa besar dampak 8 jalan menuju masa depan dan program lainnya,” tutupnya.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca