Angka Kemiskinan Lampaui Target RPJMD, Bappeda Makassar Enggan Jumawa

Jumat, 13 April 2018 20:25 WITA Reporter :
Angka Kemiskinan Lampaui Target RPJMD, Bappeda Makassar Enggan Jumawa

MAKASSARMETRO– Pemerintah Kota Makassar menargetkan angka kemiskinan berada di angka 8,01% dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2014-2019 angka kemiskinan.

Belum memasuki tahun 2019 target dalam RPJMD sudah melampaui target, angka kemiskinan di Kota Makassar sudah berada di angka 4,59 %.

“Target kemiskinan kita itu di RPJMD itu 8,01% . Ini baru mau 2019 kita sudah di 4,59%. Artinya apa? Target kita sudah terlampaui,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Makasar, A. Khadijah Iriani, Jumat (13/4/2018).

Sejumlah program penanggulangan kemiskinan dari seluruh SKPD, telah berada di koridor yang tepat. Meski demikian, A. Khadijah Iriani mengaku tidak ingin jumawa. Justru harus lebih dimaksimalkan lagi.

“Salah satunya dengan menggunakan basis data terpadu dari TNP2K (Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan) agar program yang terlaksana itu lebih tetap sasaran dan dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya,” ungkapnya

Dia mengatakan, dalam 4,59 % tadi telah masuk kelompok rentan miskin. Oleh karenanya dengan penggunaan basis data dari TNP2K ingin agar program lebih tepat sasaran ke betul-betul real kategori miskin.

” Jadi tidak ada lagi sistem like or dislike. Kalau bikin kegiatan penanggulangan kemiskinan harus benar-benar untuk orang miskin ,” ujarnya.

Walau menggunakan basis data terpadu, pihaknya merasa perlu melakukan verifikasi di lapangan melalui SKPD terkait agar data yang dimiliki data terbaharui. “Karena bisa jadi orangnya sudah meninggal, atau sudah tidak masuk kategori miskin lagi,” tutup A. Khadijah Iriani.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca