pelayanan publik

Masuk Special Mention ISNA 2018, Pemkot Makassar Raih Penghargaan Ini

Kamis, 03 Mei 2018 21:10 WITA Reporter :
Masuk Special Mention ISNA 2018, Pemkot Makassar Raih Penghargaan Ini

MAKASSARMETRO– Pemerintah Kota Makassar menerima penghargaan sebagai Most Perform Ini Smart City Initiative pada perhelatan Indonesia Smart Nation Award (ISNA) 2018 ketiga.

Penghargaan bergengsi ini diterima langsung Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Makassar, Ismail Hadjiali di Nusantara Hall, ICE BSD Tangerang, Banten. Kamis (3/5/2018).

Kota Makassar masuk kedalam kategori special mention. Di mana kategori ini diberikan kepada daerah-daerah yang dinilai memiliki inovasi, gagasan, atau pencapaian yang baik terkait pelaksanaan fungsi pelayanan publik dan pemerintahan daerah dalam mendorong terjadinya perbaikan kualitas hidup masyarakatnya.

Tidak mudah bagi Kota Makassar yang dikenal mengusung Sombere’ and Smartcity dalam pencapaian ini. Karena harus melalui beberapa tahapan yang cukup ketat. Yakni proses penilaian indeks dan penjurian oleh para pakar di bidang smart city di Indonesia.

Dalam proses penilaian indeks, ISNA 2018 diukur dengan menggunakan berbagai parameter pengukuran yang berasal dari data capaian pembangunan kota, kabupaten dan provinsi di Indonesia sejak tahun 2014 hingga tahun 2017. Juga melibatkan data hasil investigasi terhadap exposure seluruh daerah di lebih dari 260.000 artikel pemberitaan yang terdapat di lebih dari 30 media cetak dan elektronik nasional yang dimulai dari bulan Januari 2017 hingga Desember 2017.

Sedangkan proses penjurian dilakukan melalui rapat dewan juri yang dilaksanakan pada tanggal 26 April 2018 di Jakarta. Dalam sidang dewan juri tersebut, disepakati sebuah transformasi dalam ISNA 2018.

Pada tahun 2018, kategori penerima penghargaan diberikan berdasarkan kinerja pada dimensi smart city dan kesiapan smart city (smart city readiness).

Adapun daerah lain yang mendapatkan penghargaan dalam special mention yakni, Kab. Banyuwangi;Kab. Muara Enim; Kota Bandung; Kota Samarinda; Kota Surabaya; Kota Tangerang Selatan dan Prov. DKI Jakarta.

Mereka mendapat special mention untuk penghargaan, Most Innovative in Creative Community; Most Innovative in Smart Government Solution; Most Accelerated in Regional Branding; Most Remarkable City Innovation; Most Innovative in Basic Living Service; Most Innovative City Ecosystem; dan Most Innovative in City Collaboration.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca