pelayanan publik

Makassar Terpilih Sebagai Wilayah Percontohan SDC Kompak oleh Bappenas RI

Selasa, 05 Juni 2018 21:41 WITA Reporter :
Makassar Terpilih Sebagai Wilayah Percontohan SDC Kompak oleh Bappenas RI

MAKASSARMETRO– Kota Makassar terpilih menjadi salah satu wilayah proyek percontohan Ujicoba Skill Development Center (SDC) melalui program Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan (Kompak).

Proyek Ujicoba SDC ini diinisiasi Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Kemen PPN/Bappenas) dan didukung oleh Pemerintah Australia.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Makassar, A. Irwan Bangsawan mengatakan program ini bertujuan mengatasi masalah ketenagakerjaan yang merupakan salah satu tantangan terbesar yang tengah dihadapi Indonesia saat ini.

“Tantangan tersebut adalah bagaimana meningkatkan daya saing tenaga kerja dan menurunkan angka tingkat pengangguran terbuka melalui peningkatan partisipasi angkatan kerja,” ungkap A. Irwan Bangsawan, saat menghadiri Rapat Koordinasi Nasional SDC di Hotel A One, Jakarta. Selasa (5/6/2018).

Program ini menggunakan konsep pendekatan kerjasama yang melibatkan semua pemangku kepentingan terkait, baik di tingkat pusat maupun di daerah (provinsi, kabupaten dan kota).

“Kerjasama Proyek Percontohan SDC ini akan berlaku selama satu tahun, sebagai tahap awal. Dan dapat diperpanjang,” lanjut A. Irwan Bangsawan.

Selain Kota Makassar, terdapat enam wilayah lain yang menjadi wilayah percontohan. Di antaranya, Kota Denpasar, Kota Solo, Provinsi Banten, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Sumatera Utara dan Provinsi Kalimantan Timur.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca