pelayanan publik

Makassar Open Data Belum Dioptimalkan Sebagian Besar SKPD

Sabtu, 04 Agustus 2018 22:23 WITA Reporter :
Makassar Open Data Belum Dioptimalkan Sebagian Besar SKPD

MAKASSARMETRO– Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makassar, Ismail Hadjiali menegaskan sebagian besar SKPD lingkup Pemerintah Kota Makassar tidak mengoptimalkan keberadaan Makassar Open Data.

Hal tersebut disampaikan saat Diskusi Tantangan Peluang Humas dan Media Digital di Era Demokrasi yang digelar Sekretariat DPRD Makassar di Hotel Gahara, Jalan Hertasning. Sabtu (4/8/2018).

“Makassar ini mengusung Sombere and Smart City, Diskominfo tidak bisa bekerja sendiri, butuh bantuan seluruh SKPD. Makassar Open Data tidak dioptimalkan, padahal ini menyangkut bagian dari keterbukaan informasi dan juga kehumasan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Ismail Hadjiali menyebut bahwa masing-masing SKPD memiliki pengelola data dan informasi yang memiliki akun untuk mengakses ke platform kolaboratif yang dikembangkan Diskominfo ini.

Dia juga mengingatkan bahwa melalui integrasi data dari masing-masing SKPD melalui Open Data memberikan hak bagi masyarakat untuk mengetahui penyelenggaraan pemerintahan secara real time.

“Kami harap agar seluruh SKPD mampu memaksimalkan keberadaan Open Data ini secara efektif, karena masyarakat berhak tahu,” ucapnya.

Dalam diskusi yang juga menghadirkan Wakil Ketua DPRD Makassar, Adi Rasyid Ali sebagai pembicara ini , Ismail Hadjiali tidak sempat menyebut SKPD mana saja yang dimaksudkan.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca