pelayanan publik

Stok Vaksin DPT Kosong, Kadinkes Makassar Minta Orang Tua Tidak Khawatir

Selasa, 07 Agustus 2018 12:14 WITA Reporter :
Stok Vaksin DPT Kosong, Kadinkes Makassar Minta Orang Tua Tidak Khawatir

MAKASSARMETRO– Stok vaksin difteri, pertusis dan tetanus (DPT) di sejumlah Puskesmas di Kota Makassar, salah satunya Puskesmas Kassi-kassi. Akibatnya, proses imunisasi wajib bagi anak usia 2 bukan hingga 6 tahun ini terhambat.

Kepala Dinas Kesehatan Makassar, Naisyah Tun Azikin saat dikonfirmasi membenarkan kondisi ini. Dia menyebut bahwa penyediaan suplai vaksin DPT itu kewenangan pemerintah pusat.

“Ini persoalan dari pusat memang, belum ada dropping vaksin DPT. Buffer stok di Provinsi juga kosong,” ungkap Naisyah Tun Azikin yang juga menjabat Sekda Kota Makassar ini, Senin (6/8/2018).

Sembari menunggu dari pusat, Dinkes Makassar telah melakukan sejumlah langkah. Dia antaranya redistribusi vaksin DPT bagi fasilitas kesehatan yang memiliki stok lebih.

“Beberapa Puskesmas punya stok lebih, kita sudah rapat agar segera diredistribusi ke yang kosong suplai DPT nya,” katanya.

Naisyah Tun Azikin menghimbau para orang tua agar bersabar menunggu suplai vaksin dari pusat dan meminta agar tidak khawatir mengenai keterlambatan imunisasi DPT.

“Saya himbau masyarakat tetap bersabar, tidak perlu risau atas keterlambatan imunisasi anaknya karena ada masa toleransi imunisasi. Insya Allah secepatnya vaksin sudah ada, kami juga menunggu,” pungkasnya.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca