pelayanan publik

Dinas PU Makassar Bangun Sarpras Air Minum di Biringkanaya

Rabu, 08 Agustus 2018 22:52 WITA Reporter :
Dinas PU Makassar Bangun Sarpras Air Minum di Biringkanaya

MAKASSARMETRO– Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar membangun sumur sarana dan prasarana air bersih untuk sambungan rumah di Kelurahan Bulurokeng, Biringkanaya. Rabu (8/8/2018).

Pembangunan ini merupakan langkah konkret Dinas PU untuk mensukseskan Universal Akses 100-0-100 tahun 2019. Di mana masih baru 74 persen kawasan pemukiman yang terjangkau akses air bersih melalui perpipaan PDAM.

“Sumur yang dibangun ini digali hingga mencapai kedalaman sumber air, lalu itu disalurkan ke masyarakat setempat. Karena wilayah ini belum tersentuh PDAM,” kata Humas Dinas PU Makassar, Hamka Darwis.

Sehingga secara tidak langsung, pembangunan sumur ini turut membantu program PDAM untuk pemenuhan 100 persen akses air bersih. Namun, pengelolaannya ditangani Badan Pengelola Sarana dan Prasarana Air Minum (BP SPAM).

“Jadi yang kelola nantinya BPSPAM di masing-masing kelurahan melakukan pengelolaan. Jadi masyarakat nanti membayar ke badan itu, dan badan itu melakukan suplai air ke masyarakat,” ujarnya.

Di mana sebelumnya, BP SPAM ini sudah diberikan pelatihan tentang tata cara pengelolaan, pengoperasian, dan pemeliharaan sarana dan prasarana air minum.

Proyek yang menggunakan APBD Rp. 663 juta ini, sudah termasuk pembangunan jaringan distribusi SR di beberapa rumah di kawasan tersebut. Ditargetkan akan selesai dalam 150 hari kalender.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca