somberena parlementa

Biasakan Berjalan Kaki, Ini Manfaatnya

Selasa, 18 September 2018 11:42 WITA Reporter :
Biasakan Berjalan Kaki, Ini Manfaatnya

MAKASSARMETRO– Berjalan kaki merupakan sebuah kebiasaan yang lumrah kita temui di negara manapaun di dunia tak terkecuali Indonesia, Namun benarkah orang-orang Indonesia tergolong yang paling malas berjalan kaki ?

Pertanyaan tersebut lagaknya akan membuat siapa saja bingung untuk menjawabnya terlebih untuk orang Indonesia, tapi fakta tersebut coba diungkapkan oleh Stanford University.

Berdasarkan hasil penelitian kampus swasta yang berpusat di California, Amerika Serikat tersebut memunculkan data-data terkait pejalan kaki sebagai berikut :

– Rata-rata penduduk Dunia berjalan sebanyak 4.961 langkah/hari

– Orang Hongkong menjadi yang paling rajin berjalan kaki dengan rata-rata 6.880 langkah/hari

– Orang Indonesia menjadi yang termalas berjalan kaki dengan angka rata-rata 3.513 langkah/hari.

Hasil penelitian yang dilakukan pada tahun 2017 tersebut tentu tidak mudah diterima sebagian besar orang-orang Indonesia yang sehari-harinya menekuni pola hidup sehat.

Akan tetapi Stanford University tidak menjadikan Indonesia sebagai Negara yang masyarakatnya paling malas berjalan kaki tanpa disertai penyebabnya.

Berdasakan rilis yang dikeluarkan oleh Stanford University, ada 2 hal yang menyebabkan orang-orang Indonesia itu malas berjalan kaki.

Pertama kondisi trotoar yang sempit, berlubang, dan sering digunakan sebagai lahan parkir atau tempat berjualan, kedua orang Indonesia lebih senang menggunakan kendaraan pribadi ketimbang berjalan kaki.

Tentu bila melihat penyebab yang dirangkum oleh Stanford Uneversity sebagian masyarakat Indonesia dapat menerima hasil research tersebut, pasalnya kondisi itu memang real terjadi di negara ini.

Sehingga bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah menyediakan sarana untuk pejalan kaki tapi juga kesadaran masyarakat Indonesia untuk tidak sembarangan menggunakan fasilitas yang ditujukan untuk pejalan kaki.

Manfaat dari berjalan kaki sangat banyak, mulai dari dapat memperpanjang usia, menyehatkan jantung, membakar lemak, mengurangi resiko nyeri sendi, hingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Pentingnya berjalan kaki bagi masyarakat Indonesia secara luas mestinya mulai dipahami dan dibiasakan sehingga dapat melahirkan generasi yang sehat dan unggul.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca