pelayanan publik

Tarian Massal Kalompoanna Pa’rasanganta Siap Pukau Pengunjung F8

Selasa, 09 Oktober 2018 18:43 WITA Reporter :
Tarian Massal Kalompoanna Pa’rasanganta Siap Pukau Pengunjung F8

MAKASSARMETRO– Sebuah suguhan tarian massal akan ditampilkan pada pembukaan Makassar International Eight Festival and Forum (F8), Tari Kalompoanna Pa’rasanganta.

Sebanyak 400 penari yang merupakan siswa-siswi SMP se-Kota Makassar bakal berkolaborasi dengan penari binaan Yayasan Anging Mammiri Makassar (YAMA).

Sang koreografer yang juga Ketua YAMA , Iin Joesoef Madjid mengatakan Tarian Kalompoanna Pa’rasanganta yang berarti Kebesaran Negeriku ini terinspirasi dari keharmonisan antar etnis besar di Kota Makassar.

Diketahui, terdapat tiga etnis besar yang hidup berdanpingan di Kota Anging Mammiri. Seperti Suku Makassar, Bugis dan Toraja.

“Gerakan lemah lembut penari adalah gambaran khas perempuan Bugis Makassar dalam mengarungi kehidupannya. Kemudian tarian khas Toraja yang menggambarkan energi masyarakat Tanpa Toraja,” kata Iin Joesoef Madjid, Selasa (9/10/2018).

Lebih lanjut, Iin menyebutkan bahwa para penari bakal menggunakan sarung sutra kerajinan khas Bugis Makassar. Selain itu, ikat kepala khas yang biasa digunakan perempuan Toraja saat bekerja memberi kesan enerjik.

Seni gerak tari bakal tampil dinamis, lembut namun bertenaga serta menggambarkan kebahagiaan dan kebersamaan. Iringan lagu Dongang-Dongang yang lembut disusul lagu Sangmane yang bertenaga akan melengkapi tarian ini

Iin mengaku tidak sendiri, dia didampingi asisten koregrafer, Aries Manynya yang juga Ketua Sanggar Celebes. Urusan musik diaransemen dengan apik oleh Jad n Sugi Band.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca