somberena parlementa

Pemkot Makassar Resmi Launching Integrasi e-Planning dan E-Budgeting

Senin, 26 November 2018 20:15 WITA Reporter :
Pemkot Makassar Resmi Launching Integrasi e-Planning dan E-Budgeting

MAKASSARMETRO– Pemerintah Kota Makassarelaluk Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) akhirnya mengintegrasikan Sistem e-Planning dan e-Budgeting, Senin (26/11/2018).

Kepala Bappeda Makassar, Andi Khadijah Iriani mengatakan, pengintegrasian ini mendorong transparansi dan akuntabilitas kinerja satuan kerja perangkat daerah.

“Ini mencerminkan transparansi di lingkup Pemkot Makassar, perencanaan dan penganggaran, hingga pelaksanaan semua bisa dipantau. Karena sudah terintegrasi,” ungkap Andi Khadijah Iriani saat ditemui di Hotel Aston, Jalan Sultan Hasanuddin.

Pihak legislatif, kata Andi Khadijah Iriani, juga akan dimudahkan dalam melakukan fungsi pengawasannya. Dia melanjutkan sistem ini juga terkoneksi ke pusat.

“Ini juga mendorong konsistensi dalam pelaksanaan program, tidak ada yang berubah-ubah, sehingga jika ada perubahan besaran anggaran yang tidak sesuai perencanaan dapat terpantau,” katanya

“Jadi bisa ditahu kalau ada anggaran yang tiba-tiba berubah dan tidak sesuai bisa langsung ketahuan. Artinya apa? Sekarang kita sudah integrasi di hilir dan bisa real time kelihatan dan Bappeda bisa monitoring capaian kinerja programnya,” sambungnya.

Dia menambahkan, integrasi ini juga mendukung Smart Auditing yang dilakukan oleh Inspektorat Daerah Kota Makassar. Jadi selain terpantau kesesuaian perencanaan dan penganggaran serta progressnya, juga memudahkan Inspektorat melakukan audit.

“Jadi semua semakin jelas kan? Transparan dan akuntabel, sudah dipantau di integrasi diaudit lagi oleh Inspektorat,” pungkasnya

Berikan Komentar
Komentar Pembaca