somberena parlementa

Cuaca Buruk, Gelombang Tinggi Hantui Pesisir Manado

Jumat, 28 Desember 2018 15:35 WITA Reporter :
Cuaca Buruk, Gelombang Tinggi Hantui Pesisir Manado Tinggi gelombang laut di perairan Manado mencapai 1-2 meter. Foto: Manado Post

MAKASSARMETRO– Cuaca buruk menerpa sebagian besar wilayah Sulawesi Utara, Kamis (27/12/2018). Hujan deras serta angin kencang melanda, dan gelombang tinggi menghantam wilayah pesisir.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara pun mengeluarkan himbauan kepada seluruh warga agar waspada dan siaga dengan dinamika cuaca yang terjadi.

“Kami mengimbau masyarakat ‎berhati-hati saat melalui ruas jalan yang berbukit dan pepohonan tinggi serta wilayah atau titik rawan longsor,” kata Kabag Humas Pemprov Sulut, Christian Iroth, seperti yang dikutip dari Tribunnews. Kamis (27/12/2018) malam.

Warga setempat juga diminta agar tidak beraktifitas di sekitar pesisir, utamanya mereka yang berprofesi sebagai nelayan. Gubernur Sulut, meminta jika cuaca tidak kondusif agar para nelayan mengurungkan niat melaut hingga cuaca sudah kondusif.

Wilayah daratan pun tidak luput dari potensi musibah, seperti longsor dan pohon tumbang. Pemprov Sulut menginstruksikan kepala daerah agar memperhatikan titik-titik rawan dan yang telah terjadi.

“Buat tanda awas atau waspada ditempat-tempat yang sudah terhadi pohon tumbang atau longsor, agar saat akan melintas pengendara bisa menghindar,” pesannya.

Wilayah yang berpotensi terjadi tanah longsor dan pohon tumbang seperti ruas jalan Manado-Tomohon, Tomohon-Tondano, Bitung-Manado, Wilayah Minahasa Selatan dari Kapitu menuju ke daerah Tompaso Baru.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca