pelayanan publik

Dapat Cegah Kanker, Nurlina Subair Ajak Mahasiswa Peduli Lingkungan Saat Kuliah Kolaboratif

Sabtu, 05 Januari 2019 13:59 WITA Reporter :
Dapat Cegah Kanker, Nurlina Subair Ajak Mahasiswa Peduli Lingkungan Saat Kuliah Kolaboratif

MAKASSARMETRO– Selain pola hidup tidak sehat, ternyata kanker dapat disebabkan oleh ketidakpedulian terhadap lingkungan sekitar. Pemanasan global yang terjadi akibat ulah manusia turut ambil andil.

Hal tersebut diungkapkan Nurlina Subair saat memaparkan mata kuliah Sosiologi Lingkungan bagi mahasiswa semester 5 jurusan Pendidikan Sosiologi Universitas Muhammadiyah Makassar, Jumat (4/1/19).

“Pengaruh pemanasan global bisa dilihat dari kanker kulit ada juga miloma (kanker kulit ganas) bisa dilihat dari bocoran lapisan ozon yang dari tahun ke tahun terus meningkat,” ungkap Nurlina Subair yang juga Ketua Yayasan Makassar Cancer Care Community.

Dalam kuliah kolaboratif yang berlangsung di Hotel d’Maleo ini, Nurlina Subair yang merupakan dosen pengampuh Sosiologi Pendidikan menghadirkan Dekan Fisipol Universitas Sawerigading, Yahya Mustafa.

“Sengaja kita desain model kuliah kolaboratif seperti ini agar ada penyegaran bagi mahasiswa supaya tidak jenuh belajar di kelas terus,” kata Nurlina.

“Outputnya dengan model seperti ini mengajak mahasiswa bukan hanya pembelajaran text book. Mengubah mindset untuk berpikir inovatif bagi lingkungan sekitar bukan hanya untuk nilai kuliah saja,” sambungnya.

Dia berharap agar mahasiswa dan masyarakat pada umumnya lebih peka terhadap lingkungan sekitarnya, lebih peduli kebersihan dan pengelolaan sampah. Apalagi dampaknya bagi kesehatan sangat besar.

“Saya harap kepada generasi punya kepedulian terhadap lingkungan di daerah kampus dan sekitarnya. Peduli kebersihan dan pengelolaan sampah, menghindari penggunaan listrik secara berlebih. Karena menjadi salah satu donatur pemanasan global,” pungkasnya.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca