pelayanan publik

Ratusan PK5 di Makassar Direlokasi

Kamis, 10 Januari 2019 16:32 WITA Reporter :
Ratusan PK5 di Makassar Direlokasi

MAKASSARMETRO– Ratusan pedagang kaki lima di Makassar, Sulawesi Selatan direlokasi oleh petugas gabungan. Relokasi ini dilakukan untuk lantaran para pedagang mengunakan trotoar dan badan jalan untuk berjualan.

Relokasi ini dilakukan sekitar pukul 08.00 Wita, relokasi dilakukan disejumlah lapak pedagang kaki lima, mulai Jalan Silamet Riyadi, Jalan Masjid Raya, Jalan Pettarani hingga Jalan Sunu Makassar.

Relokasi sempat mendapat protes dari para pedagang yang menolak jualanya diangkut dan dipindahkan petugas. Ia menilai relokasi ini tak ada dialog sebelumnya yang dilakukan Pemerinta Kota Makassar.

“Kecewa sangat kecewa karena sepihak dilakukan, tidak membuka kerang dialog oleh para pedagang. Kita ini sudah ada seja 1958 disini,” kata seorang pedagang, Zainal, didepan Kantor Pos Makassar, Kamis (10/1/2019).

Ia menilai jika relokasi diarea Kanre Rong di Karebosi tak memenuhi syarat, lantaran tempatnya miring dan kecil untuk berjualan.

“Kecil miring tidak memenuhi syarat. Pemerintah Kota tidak harus relokasi disini cari tempat lain,” jelasnya.

Sementara itu, Kabag Pemerintah Kota Makassar, Andi Mappayuki mengatakan relokasi ini dilakukan sebagai upaya Pemerintah Kota Makassar mengatur pedagang kaki lima dengan menyiapkan tempat baru untuk berjulan. Hal ini agar para pedagang tertib.

“Ini adalah relokasi Pemerintah Kota menyiapkan tempat khusus lokasi ini setelah pedagang rupanya ada mempersewakan, tidak akan perna menyusahkan ini adalah relokasi program jelas dan tahapan jelas,” kata Kabag Pemerintah, Andi Mappayuki.

Ia memaparkan jika relokasi ini sudah sesuai dengan aturan yang berlaku. Pemerintah telah memberi himbauan hingga peringatan kepada para pedagang jauh hari.

“Himbaun dan peringatan 1 sampai 3 di Kecamatan dan ini adalah batas toleransi dalam hal di beberapa tempat di Makassar,” paparnya.

Pemerintah Kota Makassar sendiri telah menyiapkan pusat pedagang kaki lima di Karebosi Makassar. Ratusan lapak dagangan ini disiapkan bagi para pedagang yang telah direlokasi.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca