somberena parlementa

Perjalanan Qatar Juarai Piala Asia 2019 Penuh Rintangan Berliku !

Minggu, 03 Februari 2019 08:02 WITA Reporter :
Perjalanan Qatar Juarai Piala Asia 2019 Penuh Rintangan Berliku !

MAKASSARMETRO– Tim Nasional (Timnas) sepakbola Qatar sukses menjadi juara Piala Asia 2019 setelah di partai final mengalahkan Jepang, Jumat (1/2/2019) malam.

Bermain di Stadion Zayed Sport City, Qatar menang atas tim Samurai Biru dengan meyakinkan lewat skor 3-1.

Gol kemenangan Qatar dicetak oleh Almoez Ali pada menit ke-12, Abdulaziz Hatem (27′), dan A Afif melalui titik penalti pada menit ke-83 . Adapun sebiji gol balasan Jepang dicetak oleh Takumi Minamino pada menit ke-62.

Hasil ini membuat sejarah tersendiri bagi kedua tim. Qatar patut berbangga karena ini adalah gelar juara pertamanya sejak Piala Asia dilombakan pada 1956 lalu.

Sementara itu Jepang yang menjadi tim tersukses di turnamen ini untuk kali pertama kalah di partai final. Dalam empat kesempatan final sebelumnya, Jepang selalu menjadi juara yakni pada edisi 1992, 2000, 2004 dan 2011.

Sebelum laga ini, Qatar sempat dikabarkan akan didiskualifikasi akibat protes dari tuan rumah Uni Emirat Arab.

UEA melaporkan Qatar ke Federasi Sepak Bola Asia, AFC, dengan tuduhan memainkan dua pemain ilegal. Dua pemain yang dituduh itu adalah Bassam Al-Rawi dan Almoez Ali.

Keduanya dianggap UEA tidak memenuhi syarat kewarganegaraan untuk membela Qatar. Namun, Komite Etik AFC menolak protes UEA dan menghentikan investigasi. Qatar pun diperbolehkan bermain di laga final.

Namun segala rintangan tersebut mampu dijawab oleh Qatar pada Pertandingan puncak dan berhasil keluar sebagai juara.

pertandingan berjalan dengan tempo sedang di awal babak pertama. Kedua tim terlihat bermain sangat berhati-hati.

Tepat pada menit ke-13, Qatar mampu unggul terlebih dahulu lewat gol indah Almoez Ali. Menerima umpan silang dari Akram Hassan Afif, Ali mendapatkan bola dengan posisi badan membelakangi gawang.

Tidak kehilangan akal, Ali mencungkil bola untuk membuatnya melepaskan tendangan salto yang mengarah ke sudut kiri gawang Shuichi Gonda.

Tersengat oleh gol Ali, Jepang sedikit menaikkan tempo permainan. Bukannya mencetak gol balasan, Jepang justru kembali kebobolan pada menit ke-27.

Tidak mau kalah dari Ali, Abdelaziz Hatem juga mencetak gol spektakuler juga berkat umpan Akram Hassan Afif.

Abdelaziz Hatem melepaskan tembakan kaki kiri dari luar kotak penalti yang melengkung ketika menembus jala gawang Jepang.

Meski unggul 55 persen penguasaan bola di babak pertama, Jepang harus mengakui keunggulan 2-0 Qatar.

Di babak kedua, Jepang langsung mengambil inisiatif menyerang. Lima corner dalam 15 menit pertama babak kedua menjadi bukti dominasi Jepang.

Usaha Jepang akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-69. Kombinasi apik satu dua dengan Yuya Osakao, Takumi Minamino menaklukkan kiper Saad Al Sheeb dengan tendangan lop.

Ini adalah kali pertama gawang Qatar kebobolan sepanjang turnamen Piala Asia 2019.

Seusai gol ini, Jepang semakin mendominasi, sementara Qatar memilih bertahan dengan menyisakan Almoez Ali di garis tengah.

Qatar seperti mengakhiri laga lebih cepat ketika mencetak gol ketiga pada menit ke-83 berkat penalti Akram Hassan Afif.

Penalti ini menjadi kontroversi karena wasit Ravshan Irmatov memberikan kepada Qatar setelah melihat tayangan Video Asisstant Refferee (VAR).

Sebelumnya, kapten Jepang, Maya Yoshida, terlihat menyentuh bola dengan tangan ketika hendak menghalau tendangan corner Abdelaziz Hatem.

Meski sempat diprotes para pemain Jepang, Ravshan Irmatov tetap kukuh memberi penalti untuk Jepang dan memberi kartu kuning Maya Yoshida.

Tidak ada gol tambahan yang tercipta, Qatar berhak atas gelar juara dengan kemenangan 3-1 atas Jepang.

Topik berita Terkait:
  1. Bola
  2. Olahraga
Berikan Komentar
Komentar Pembaca