DP2 Makassar-BKPIM Pantau Mutu dan Keamanan Komoditi Perikanan

Selasa, 05 Maret 2019 15:10 WITA Reporter : Helmi
DP2 Makassar-BKPIM Pantau Mutu dan Keamanan Komoditi Perikanan

MAKASSARMETRO– Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) Makassar melakukan pengawasan mutu dan keamanan terpadu komoditi perikanan di Pangkalan dan Pendaratan Ikan (PPI) Paotere, Selasa (5/3/2019).

DP2 Makassar tidak sendiri, SKPD yang dipimpin Evy Apriyalti ini juga melibatkan Balai Besar Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Makassar.

“Kami sering bekerjasama dengan BKIPM Makassar dan pengawasan mutu terpadu ini adalah salah satunya,” kata Evi Apryalti.

Pengawasan ini bertujuan untuk menjamin mutu dan keamanan hasil perikanan di pasar sebagai salah satu sentra penyedia pangan sehat bagi masyarakat.

Menurut Kepala BKIPM Makassar, Sitti Chadijah, terjaminnya mutu dan keamanan hasil perikanan merupakan indikator keberhasilan pemantauan ini.

Guna memastikan keamanan produk sebelum dikonsumsi, sejumlah produk perikanan dilakukan pengujian mutu di laboratorium.

“Setelah disampling, kami melakukan pengujian mutu di laboratorium untuk memantau mutu ikan apakah layak dikonsumsi oleh masyarakat atau tidak,” terang Sitti.

Selain PPI Paotere, kegiatan pengawasan mutu ini juga dilaksanakan di sejumlah pasar tradisional, pasar modern, unit pengolahan ikan dan pemasok hasil perikanan di Makassar.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca