pelayanan publik

Di Era Danny Pomanto, Ombudsman Kota Makassar Hidup Kembali

Senin, 15 April 2019 13:44 WITA Reporter : Helmi
Di Era Danny Pomanto, Ombudsman Kota Makassar Hidup Kembali

MAKASSARMETRO– Walikota Makassar, Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto menitipkan banyak warisan sebelum menanggalkan jabatannya. Salah satunya pengaktifan kembali Ombudsman Kota Makassar.

Danny Pomanto menyebut, Ombudsman Makassar bakal menjadi “quality control” pelayanan Pemerintah Kota Makassar, yang akan mengukur kepuasan masyarakat terhadap layanan publik.

“Dulu sudah ada (Ombudsman Makassar) tapi tidak maksimal, dulu cenderung untuk melindungi Pemkot Makassar. Sekarang tidak bisa lagi seperti itu, harus menjadi pengawal kualitas layanan publik kita, ini legacy saya yang tinggal dua minggu lagi lepas jabatan,” ungkap Danny Pomanto, Senin (15/4/2019).

Lebih lanjut, dia menerangkan, keberadaan Ombudsman Makassar menegaskan komitmen Pemkot Makassar dalam upaya mereformasi birokrasi dan menciptakan pemerintahan yang terbuka dan transparan.

“Justru dengan keberadaan lembaga seperti Ombudsman dalam pengawasan pelayanan publik, seperti halnya LPI untuk pengadaan barang dan jasa, semakin memperkokoh Pemkot Makassar untuk menciptakan open government, yang transparan,” kata Danny Pomanto.

Yang menarik, kata Danny Pomanto, proses pergantian jabatan lingkup Pemkot Makassar juga mengambil ukuran dari Ombudsman, yakni dengan melihat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan.

“Nanti proses pergantian jabatan kita pakai ukuran Ombudsman dalam hal pelayanan publik. Kalau ada keluhan, dan itu terbukti, kupikir sudah jelas bakal diganti,” ujarnya.

Diketahui, calon komisioner Ombudsman Makassar tengah menjalani tahap uji publik, yang merupakan tahap akhir seleksi, tujuannya untuk mengukur integritas, visi misi serta kompetensi kandidat.

Topik berita Terkait:
  1. Danny
Berikan Komentar
Komentar Pembaca