somberena parlementa

Workshop Literasi Digital Gramedia Tuai Apresiasi Kepala Dispustaka Makassar

Selasa, 30 April 2019 20:00 WITA Reporter : Helmi
Workshop Literasi Digital Gramedia Tuai Apresiasi Kepala Dispustaka Makassar

MAKASSARMETRO– Kepala Dinas Perpustakaan Kota Makassar, Muhyiddin Mustakim mengapresiasi penyelenggaraan Workshop Literasi Digital Era 4.0 yang diselenggarakan Gramedia Digital Nusantara, Senin (29/4/2019).

Kegiatan yang menghadirkan ratusan tenaga perpustakaan dari berbagai jenis perpustakaan di Makassar ini berlokasi di Amaris Hotel Makassar.

Dia menilai kegiatan workshop seperti ini sangat bermanfaat bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia, khususnya bagi tenaga kepustakaan, dalam memahami lebih jauh peran buku konvensional dalam gerakan literasi.

“Pemahaman mengenai gerakan literasi harus betul-betul tertanam di benak pustakawan. Buku konvensional tetap memiliki peran tersendiri dibanding buku elektronik. Walaupun perubahan bentuk, dari konvensional ke digital tidak bisa dilawan,” kata Muhyiddin.

Muhyiddin berpandangan, kedua bentuk buku ini memiliki manfaat yang besar bagi gerakan budaya baca yang selama ini digalakkan Dispustaka Makassar.

“Kami di Dispustaka Makassar selalu terbuka dengan inovasi yang maju. Selama itu semakin mendekatkan buku atau perpustakaan, baik bentuk konvensional atau elektronik, kepada warga, utamanya anak-anak kita,” ujarnya.

Meski begitu, Muhyiddin Mustakim menyebut, terdapat tantangan dalam penggunaan buku elektronik, yakni persoalan konten yang belum tentu bisa diakses semua umur.

“Di sinilah peran Perpustakaan untuk memastikan buku dibaca anak seusianya. Misalnya anak-anak kita yang masih TK atau PAUD di perpustakaan, kita siapkan komik dengan penanaman nilai budi pekerti. Hal ini juga mengurangi penggunaan gadget yang sudah bisa diakses anak seusia mereka,” pungkasnya.

Topik berita Terkait:
  1. Perpustakaan
Berikan Komentar
Komentar Pembaca