pelayanan publik

Buru Fasum Fasos, Wali Kota Danny Tekankan Pentingnya Arsip

Rabu, 01 Mei 2019 15:11 WITA Reporter : Helmi
Buru Fasum Fasos, Wali Kota Danny Tekankan Pentingnya Arsip

MAKASSARMETRO– Walikota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto menyebut, perburuan aset milik Pemerintah Kota Makassar tidak bisa dilepaskan dari fungsi penting arsip.

Dia menyebut, arsip memiliki peran yang sangat penting dalam mengurai persoalan yang sempat dinilai melempem oleh publik selama beberapa tahun terakhir.

“Orang selalu bertanya-tanya bagaimana ini perkembangan perburuan aset belakangan ini. Bayangkan coba saya bongkar arsip, itu ada beberapa bagian yang hilang, ah di sini kejanggalannya, kemungkinan ada yang bermain,” kata Danny Pomanto, Rabu (1/5/2019).

Danny Pomanto mengaku tetap melakukan perburuan aset daerah yang telah menjadi tekad selama kepemimpinannya. Meski begitu dia mengatakan tidak mudah untuk mengurai benang kusut ini.

“Tidak gampang, tim kemarin itu bisa dibilang gagal, kita bentuk lagi, data sampai ke KPK, mereka sekarang sudah cek fisik. Sisanya nanti KPK yang tindak lanjuti, kita bantu saja dari sini, meski nanti bukan mi lagi saya (Walikota),” ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kearsipan Makassar, Basri Rakhman mengatakan, di sinilah fungsi arsip sebagai bukti otentik dan legal mengenai apa yang telah terjadi di masa lalu.

“Inilah yang akan coba kita evaluasi, kalau Pak Wali bilang ada tindakan, seperti menilap arsip, tentu ini menyangkut persoalan keamanan. Maka perlu memang kita tingkatkan keamanan akses ke arsip yang betul-betul menyangkut persoalan seperti ini,” jelas Basri.

Dia menyinggung mengenai sarana dan prasarana maupun infrastruktur, yang betul-betul aman untuk penyimpanan arsip, seperti depo arsip yang selama ini belum dimiliki Pemkot Makassar.

Topik berita Terkait:
  1. Danny
Berikan Komentar
Komentar Pembaca