pelayanan publik

Melihat Pohon Kurma di Masjid Arab Makassar Tumbuh Sendirinya

Jumat, 10 Mei 2019 11:57 WITA Reporter : Haider
Melihat Pohon Kurma di Masjid Arab Makassar Tumbuh Sendirinya

MAKASSARMETRO– Kurma tentu yang paling dicari selama masuki bulan suci Ramadhan. Untuk mendapatkan kurma atau melihat pohonya anda harus datang langsung ke Arab Saudi.

Namun sekarang pohon kurma sudah bisa anda temui di Masjid As-Said, Jalan Lombok, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar. Pohon ini tumbuh subur di halaman Masjid As-Said, hanya saja pohon tersebut belum berbuah sekali.

Kehadiran dua pohon kurma di Masjid As-Said atau Masjid Arab tumbuh secara tiba-tiba. Pohon ini diperkirakan tumbuh 20 tahun lalu.

“Hanya saja ini tidak bisa berbuah, kalau kira-kira sudah 20 tahunan. Awalnya ada 3 karena satunya mati, jadi tinggal 2 pohon,” kata pengurus Masjid Arab, Habib Alwi.

Habib Alwi menjelaskan, keberadaan pohon kurma tersebut tumbuh dengan sendiri. Awalnya pohon kurma yang masih kecil tumbuh kemudian dipindahkan tepat didepan Masjid agar terlihat lebih bagus.

“Awalnya saya dapatkan tumbuh di sekitar Masjid lalu kemudian dipindahkan ke tempat yang lebih baik. Jadi itu tidak sengaja ditanam tumbuh di sekitar masjid dipindahkan saja di tempatnya,” jelasnya.

Kini kehadiran pohon kurma di Masjid As-Said kerap menjadi swafoto para jemaah yang akan berkunjung. Jemaah berharap pohon kurma tersebut sebagai ohat kerinduan akan tanah suci.

“Inikan bisa foto, apalagi jarang ditemui di Indonesia, karena memang sudah tumbuh. Ya obat kerinduan juga akan tanah suci,” paparnya.

Masjid As-Said ini berada di Jalan Lombok, Ujung Pandang, Makassar berdiri di kawasan Chinatong/perkampungan China. Masjid ini diapit oleh bangunan dan rumah warga. Jika anda akan berkunjung Masjid ini tak jauh dari Kantor Balaikota Makassar Jalan Ahmad Yani.

Topik berita Terkait:
  1. Danny
  2. Ekonomi
  3. Makassar
Berikan Komentar
Komentar Pembaca