somberena parlementa

Pencairan Molor, Kemendagri Pastikan THR PNS Daerah Tepat Waktu

Rabu, 15 Mei 2019 23:18 WITA Reporter : Anki
Pencairan Molor, Kemendagri Pastikan THR PNS Daerah Tepat Waktu

MAKASSARMETRO– Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memastikan pencairan tunjangan hari raya (THR) untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) di daerah akan tepat waktu.

Meski adanya revisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 35 dan 36 Tahun 2019 terkait pencairan THR bagi para ASN, Kemendagri mengumumkan bagi PSN di daerah tidak akan ada perubahan waktu.

Sekretaris Jenderal Kemendagri, Hadi Prabowo mengungkapkan Kementerian PAN-RB telah mengajukan surat kepada Menteri Sekretaris Negara dan Menteri Hukum dan HAM.

Dimana surat tersebut dilayangkan agar melakukan perbaikan revisi khusus untuk bunyi frasa pada pasal 10 ayat (2) di kedua PP sebagaimana dimaksud.

Poin itu lah yang sebelumnya dinilai memicu keresahan pegawai negeri di daerah karena khawatir pembayaran THR tidak bisa tepat waktu.

“Ini sudah jelas ada ketentuan yang telah diterbitkan baik itu PP 35 dan 36, dan semuanya akan terbayar tepat pada waktunya,” kata Hadi dalam konferensi persnya di kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Rabu (15/5/2019).

“Sehingga apa yang diinstruksikan Bapak Presiden 24 Mei, yaitu 10 hari sebelum hari raya Idul Fitri semua akan dapat direalisasikan,” lanjutnya.

Hadi juga menyatakan, nantinya Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri akan menerbitkan petunjuk teknis terkait pencairan THR bagi PNS daerah. 

“Sehingga ada pemberitaan kemarin yang menyatakan THR akan molor ini sudah jelas. Dan petunjuk teknis nanti juga akan diterbitkan Dirjen Bina Keuangan Daerah. Karena memang daerah ini lah yang terbebankan pada APBD,” terangnya.

Dengan begitu, kata Hadi, pencairan THR maupun gaji ke-13 PNS akan tepat waktu. Di mana waktu pencairan THR ialah 24 Mei 2019 dan untuk gaji ke-13 pada Juni 2019

“Sehingga dengan demikian hari ini akan diterbitkan surat edaran untuk dapat direalisasikan dengan didasarkan atas Peraturan Kepala Daerah. Itu yang lebih khusus sehingga tidak ada lagi permasalahan baik itu menyangkut pembayaran THR maupun pemberian gaji ke 13 yang akan direalisasikan Juni 2019,” tutupnya.

Topik berita Terkait:
  1. Nasional
Berikan Komentar
Komentar Pembaca