Caleg Terpilih Harus Serahkan Tanda Terima LHKPN 7 Hari Setelah Putusan KPU

Selasa, 28 Mei 2019 14:52 WITA Reporter : Widya
Caleg Terpilih Harus Serahkan Tanda Terima LHKPN 7 Hari Setelah Putusan KPU

MAKASSARMETRO- Salah satu kewajiban bagi caleg terpilih pada Pemilu 2019 yakni menyerahkan tanda terima Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Hal tersebut merujuk Peraturan KPU tentang pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

Dalam aturan tersebut, calon terpilih harus menyerahkan tanda terima LHKPN dalam jangka waktu 7 hari setelah dikeluarkannya putusan KPU mengenai penetapan calon terpilih.

Jika calon terpilih tidak menyerahkan tanda terima LHKPN, maka KPU tidak akan mencantumkan nama yang bersangkutan dalam pengajuan nama calon terpilih yang akan dilantik kepada Presiden, Kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang dalam negeri dan gubernur.

Dilansir dari akun Instagram KPK di @official.kpk, layanan khusus pelaporan harta kekayaan calon legislatif terpilih hasil pemilu legislatif 2019 sudah dibuka.

Layanan khusus ini dibuka mulai saat ini untuk mengantisipasi potensi menumpuknya pelaporan menjelang batas akhir waktu yang ditentukan.

Tercatat sekitar 20 ribu orang penyelenggara negara yang akan melaporkan LHKPN sebagai caleg terpilih.

Layanan khusus pelaporan LHKPN calon legislatif yang dibuka pada tanggal 22-29 Mei 2019, dipusatkan di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi (Gedung KPK Lama) Jl. HR Rasuna Said Kav C1, Jakarta Selatan.

KPK akan membuka 20 meja layanan penerimaan LHKPN dengan jam operasional pukul 08.00-15.30 WIB.

KPK tidak melayani pendaftaran LHKPN setelah tanggal 29 Mei 2019 sampai 9 Juni 2019 sehubungan dengan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 H.

Topik berita Terkait:
  1. KPK
  2. LHKPN
Berikan Komentar
Komentar Pembaca