somberena parlementa

Dukung Pengentasan Anjal Jelang Lebaran, Begini Langkah Kadisdik Kota Makassar

Jumat, 31 Mei 2019 14:21 WITA Reporter : Anki
Dukung Pengentasan Anjal Jelang Lebaran, Begini Langkah Kadisdik Kota Makassar

MAKASSARMETRO – Jelang masa libur panjang, Pj Walikota Makassar, Iqbal Suhaeb mengumpulkan seluruh SKPD se-Kota Makassar untuk menggelar Rapat Kordinasi terkait pembahasan seluruh program maupun capaian selama ia menjabat.

Rapat kordinasi diselenggarakan Ruang Sipakatau, Balai Kota, Jumat (31/5/2019).

Salah satu masalah yang paling disorot oleh Iqbal, yakni makin meningkatnya jumlah Anak Jalanan (Anjal) selama bulan suci Ramadan ini. Sehingga, ia meminta seluruh dinas terkait lebih intens melakukan kordinasi.

Bahkan Iqbal secara khusus meminta Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Rahman Bando untuk ikut menganalisis dan terlibat aktif mencegah peningkatan jumlah Anjal bersama Dinas Sosial dan juga Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Ditemui usai pelaksanaan Rakor, Rahman Bando mengatakan bahwa selama ini dirinya memang senantiasa melakukan kordinasi dengan pihak Dinsos Makassar, bilamana Anjal yang terjaring tersebut merupakan seorang Siswa.

“Wewenang atau domain kami terkait masalah Anjal ini kan, bila yang terjaring itu adalah seorang siswa dari sekolah tertentu yang ada di Kota Makassar,” ungkap Rahman.

Namun dalam sesi wawancara itu, Rahman juga menegaskan, bahwa pihaknya selalu mendukung setiap langkah pencegahan meningkatnya Anjal di Kota Makassar.

Salah satu upaya yang ia sebut ialah dengan intens mensosialisasikan kepada pihak orangtua di berbagai sekolah di Kota Makassar, agar lebih mengawasi anak-anaknya dengan baik.

“Orangtua siswa senantiasa kita ingatkan untuk jaga anaknya jangan sampai memilih mendapatkan penghasilan dengan cara menjadi Anjal, atau bahkan jangan sampai justru menjadi pelaku pemaksaan kepada sang anak,” pungkasnya

Rahman Bando juga menghimbau kepada segenap orangtua selama libur lebaran nanti lebih banyak mengisi waktu dengan lebih mendekatkan diri dengan anak.

“Seorang anak itu selalu butuh perhatian tidak peduli keterbatasan ekonomi yang dimiliki orang tua sepertinapa, nah maka itu para orang tua harus selalu menyisipkan waktunya paling tidak itu lebih berharga dari selembar uang,” tutupnya.

Topik berita Terkait:
  1. Disdik
  2. Pemkot Makassar
Berikan Komentar
Komentar Pembaca