somberena parlementa

Penyakit Ini Mengintai Saat Lebaran

Rabu, 05 Juni 2019 11:32 WITA Reporter : Makassarmetro
Penyakit Ini Mengintai Saat Lebaran

MAKASSARMETRO – Setelah sebulan penuh menahan lapar dan dahaga pada siang hari saat bulan Ramadan, tidak jarang banyak yang justru hendak melahap semua makanan yang tersedia saat Hari Raya Idulfitri.

Tidak sedikit pula yang harus mengalami gangguan kesehatan di saat perayaan kemenangan. Beberapa penyakit mengintai akibat pola makan dan makanan saat lebaran.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin membeberkan bahwa penyakit seperti alergi yang paling sering muncul. Dia menyebut kasus ini seperti tren saat lebaran.

“Biasanya itu alergi, mungkin tidak cocok dengan bahan atau kandungan ada di kue-kue kering,” ungkap Naisyah Tun Azikin saat dijumpai beberapa waktu lalu.

Kue kering adalah panganan khas warga Indonesia, termasuk Makassar yang disajikan bagi peziarah yang berkunjung.

Berdasarkan catatan Dinkes Makassar, penyakit lain seperti diare juga sering muncul di saat musim ziarah ke sanak saudara dan kerabat. Selain faktor makanan, juga dipengaruhi kondisi tubuh yang kembali beradaptasi dan cuaca.

“Kemudian yang paling sering juga itu diare. Bisa jadi karena ada kontaminasi saat masak daging atau bagaimana, ada juga itu yang biasa berhari-hari dia simpan dagingnya, masaknya pakai santan, ini juga pemicu,” jelasnya.

Dari sumber lain, beberapa penyakit seperti diabetes bisa saja timbul. Bukan tidak mungkin, aneka minuman manis, seperti sirup, belum lagi kandungan glukosa pada kue kering juga berpotensi besar meningkatkan kadar gula darah. Utamanya bagi mereka yang punya riwayat diabetes.

Dia menyarankan agar mengontrol dan memperhatikan betul pola makan dan apa yang akan dimakan saat perayaan Hari Raya Idulfitri. Jangan sampai momen bahagia berujung di rumah sakit.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca