somberena parlementa

Pengumuman Pemenang Lomba Foto “Dari Timur Membangun Indonesia”

Minggu, 09 Juni 2019 10:38 WITA Reporter : Haider
Pengumuman Pemenang Lomba Foto  “Dari Timur Membangun Indonesia”

MAKASSARMETRO- Panitia Lomba Foto Wakil Presiden HM Jusuf Kalla bertajuk “Dari Timur Membangun Indonesia” akhirnya resmi mengumumkan pemenang lomba untuk kategori jurnalis dan umum.

“Setelah melalui seleksi yang cukup panjang, juri memutuskan dari ratusan foto yang dikurasi diumumkan enam pemenang masing-masing tiga dari dua kategori Jurnalis dan umum,” sebut Ketua Panitia Lomba, Idham AMA di Makassar, Sulsel, Minggu (9/6/2019).

Dari media sosial Instagram resmi panitia pelaksana @lombafoto.jusufkalla , total hadiah senilai Rp 100 juta.

Peraih juara 1 untuk kategori jurnalis diraih editor foto Media Indonesia, Sumaryanto. Fotonya diambil saat acara penganugerahaan Kick Andy Heroes Special Award.

Dalam foto terlihat ekspresi Jusuf Kalla memberikan penghargaan kepada Sidik, pria penyandang cacat yang sukses menjadi pengusaha krupuk.

Sementara untuk juara 2 diraih Melly Riana Sari (INA Photo Agency). Foto yang diabadikan 11 tahun silam saat Jusuf Kalla mengunjungi Garuda Maintenance Facilities (GMF) di sela-sela peninjauan rencana Perluasan Bandara Soekarno-Hatta.

Dan Juara 3 diraih Hariandi Hafid (Freelance Photo Juornalist) yakni saat Jusuf Kalla bersalaman dengan warga. Foto tersebut diambil di Lapangan Karebosi.

Sedangkan untuk kategori umum untuk juara 1 disabet Ari Hanggara yang mengabadikan saat Jusuf Kalla memberikan keterangan pers di Makassar.

Kemudian Juara 2 diraih oleh Ahmad Soleh dan juara 3 yakni Moch Muchlis.

Selain juara 1 hingga juara 2 dan 3 dari dua kategori, panitia juga menetapkan tiga pemenang harapan untuk masing-masing kategori jurnalis dan umum.

“Selamat kepada pemenang lomba, untuk penyerahan hadiah akan dilaksanakan pada peluncuran buku dan pembukaan pameran foto Jusuf Kalla ‘Dari Timur Untuk Indonesia. Panitia akan menghubungi para pemenang,” tambah Idham.

Lomba foto ini diselenggarakan organisasi Pewarta Foto Indonesia (PFI) Makassar.

Ada 445 foto dari berbagai daerah di Indonesia ikut berpartisipasi.

Kategori jurnalis dengan jumlah foto terkumpul sebanyak 180 karya foto dari 49 jurnalis yang berasal dari media cetak dan online.

Sementara kategori umum, terkumpul sebanyak 235 karya foto dari 75 fotografer di seluruh wilayah Indonesia.

Semua foto diseleksi tim dari pewarta foto senior seperti Tawakkal Basri (Harian Fajar), Ketua PFI Makassar Ocha Alim Bahri (Harian Tribun Timur) serta Ketua PFI Pusat Lucky Pransiska (Harian Kompas) dan Fotografer Istana Wakil Presiden Jeri Wongiyanto.

“Panitia telah menetapkan pemenang untuk dua kategori setelah melewati proses penjurian yang ketat. Dewan juri serta juri kehormatan Menteri PAN-RB, Syarifuddin dan Menkominfo Rudiantara awalnya sulit menentukan pemenang karena foto yang masuk semuanya bagus-bagus, tapi akhirnya ditetapkan,” tambahnya. 

Rencananya, Pameran Foto akan menampilkan 77 foto terbaik Wapres JK  sekaligus dibukukan dalam sebuah buku yang dipersembahkan untuk JK.
Buku foto ini akan dilaunching langsung oleh Wapres bersamaan dengan pembukaan pameran foto di Mal Nipah, Makassar.

Lomba foto tersebut dimulai 1 Maret hingga 15 April 2019 ini sebagai bentuk dedikasi terhadap karya foto termasuk memberikan persembahan Hari Ulang Tahun kepada HM Jusuf Kalla yang akan berusia 77 tahun serta akan berakhirnya masa tugas sebagai Wakil Presiden RI di tahun ini.

Topik berita Terkait:
  1. Jusuf Kalla
  2. PFI Makassar
Berikan Komentar
Komentar Pembaca