somberena parlementa

Pemkot Makassar Bakal Terima Penghargaan Anugerah Paritrana 2019 dari BPJS Ketenagakerjaan

Senin, 01 Juli 2019 13:18 WITA Reporter : Helmy
Pemkot Makassar Bakal Terima Penghargaan Anugerah Paritrana 2019 dari BPJS Ketenagakerjaan

MAKASSARMETRO – Pemerintah Kota Makassar bakal menerima penghargaan Anugerah Paritrana 2019 oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Rencananya penghargaan ini akan diserahkan langsung Wakil Presiden, Jusuf Kalla di Istana Wapres RI, Jakarta Pusat, pada Rabu 3 Juli mendatang.

“Alhamdulillaah Kota Makassar menjadi salah satu penerima penghargaan Anugerah Paritrana 2019 dari BPJS Ketenagakerjaan. Insya Allah nanti 3 Juli akan diserahkan Pak Wapres Jusuf Kalla,” ungkap Kabid Hubungan Industri dan Persyaratan Kerja, Ariansyah, Senin (1/7/2019).

Sebelumnya Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Ketenagakerjaan telah melalui sejumlah rangkaian penilaian penghargaan ini.

Ada beberapa poin yang menjadi kelebihan Pemerintah Kota Makassar, yakni kepesertaan pekerja di BPJS Ketenagakerjaan melampaui target yang telah ditetapkan. Selain itu, regulasi yang disusun Pemkot Makassar, baik melalui Perwali maupun Surat Edaran dan Nota Kesepahaman turut diperhitungkan.

Selain itu, seluruh pegawai honor dan kontrak lingkup Pemkot Makassar juga masuk kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, pelaku dan karyawan UMKM juga didorong untuk masuk kepesertaan. Keistimewaan lainnya dibanding daerah lain, kata Ariansyah, yakni Ketua RT dan RW jiga dilindungi BPJS Ketenagakerjaan.

“Yang menarik di Kota Makassar, bahkan ASN yang masih honor, belum kontrak sudah diikutkan kepesertaannya. Satgas-satgas kebersihan dan drainase. Belum lagi ribuan Ketua RT dan RW, itu masuk semua BPJS Ketenagakerjaan. Memang ada MoU Pemkot dengan BPJS,” ucapnya.

Seperti halnya karyawan perusahaan, mereka juga menerima Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP), dan Jaminan Kematian (JKm).

Selain Pemkot Makassar, terdapat dua daerah lain yang menerima penghargaan kategori kabupaten/kota, seperti Bitung dan Tanjung Pinang.

Untuk kategori pemerintah provinsi yang menerima penghargaan ini yakni Jawa Tengah, Bangka Belitung, dan Sumatera Selatan.

Topik berita Terkait:
  1. Pemkot Makassar
Berikan Komentar
Komentar Pembaca