somberena parlementa

Lampaui Pemprov, Progres Renaksi Korsugah Pemkot Makassar Tertinggi di Sulsel

Kamis, 04 Juli 2019 22:00 WITA Reporter : Helmy
Lampaui Pemprov, Progres Renaksi Korsugah Pemkot Makassar Tertinggi di Sulsel

MAKASSARMETRO – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencatat progres rencana aksi Koordinasi Supervisi dan Pencegahan (Korsugah) 2019 melalui sistem Monitoring Center for Prevention Pemerintah Kota Makassar paling tinggi di Sulawesi Selatan, mencapai 53 perse, Kamis (4/7/2019).

Disusul Pemkot Palopo dengan capaian 49 persen, Pemprov Sul-Sel dengan capaian 45 persen, Pemkot Pare Pare dengan capaian 21 persen, Pemkab Gowa dengan capaian 17 persen, dan Pemkab Maros dengan capaian 12 persen.

Diketahui, KPK RI tengah melakukan Monitoring dan Evaluasi Program Generik dengan pejabat di lima daerah di Sulsel. Kelima daerah ini dijadikan pilot project pencegahan perilaku korupsi oleh KPK.

Rapat Monitoring Center for Prevention (MCP) dipimpin oleh Dwi Aprilia Linda dari Tim Korwil VIII Korsupgah KPK RI didampingi oleh Edi Suryanto Korwil Korsupgah Sultra.

MCP merupakan kerangka kerja yang digunakan untuk memahami elemen-elemen risiko korupsi.

Elemen tersebut dapat dikelompokkan berdasarkan sektor, wilayah, atau instansi yang rentan terhadap korupsi dan menerjemahkan pemahaman tersebut menjadi gambaran strategis dan prioritas rekomendasi yang akan memberikan arahan bagi upaya pencegahan korupsi.

Dwi Aprilia Linda mengimbau agar setiap Admin MCP melaporkan setiap 2 minggu ke sekretaris daerah kabupaten/kota terkait progres masing-masing area yang akan diintervensi.

Ada 8 Area intervensi yaitu, Perencanaan dan Penganggaran APBD, pengadaan barang dan jasa, pelayanan terpadu satu pintu, kapabilitas APIP, manajemen ASN, optimalisasi pendapatan daerah, manajemen aset daerah, dan terakhir tata kelola dana desa.

Adapun pejabat Pemkot Makassar yang hadir dalam rapat ini, seperti Inspektorat Kota Makassar, Kepala BPKAD, Kepala Dinas PU, Kabag ULP, Sekretaris Bappeda, Sekretaris BKPSDMD, Sekretaris Dinas Pendidikan, Sekretaris Kominfo, Kabid Aset BPKAD, Kabid pada DPMPTSP, dan Kabid pada Dinas Kesehatan.

Topik berita Terkait:
  1. Pemkot Makassar
Berikan Komentar
Komentar Pembaca