somberena parlementa

Kepala Basarnas Cek Kesiapan Kontaor SAR Mamuju Sulbar

Jumat, 12 Juli 2019 17:27 WITA Reporter : Haider
Kepala Basarnas Cek Kesiapan Kontaor SAR Mamuju Sulbar

MAKASSARMETRO– Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Marsda TNI Bagus Puruhito berkunjung ke Makassar. Kunjunganya dalam rangka melihat kesiapan peningkatan Pos SAR Mamuju menjadi Kantor Basarnas di Sulbar.

“Tentunya saya juga akan melihat kesiapan dan mengecek kesiapan yang ada di Makassar rencananya, baru rencana karena wilayah kerja Kantor SAR Makassar luas sekali Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan ada perairan kita tahu tentu berapa bandara yang ada di wilayah sini yang kecil sampai yang besar termasuk juga pelabuhan sehingga kita akan meningkatkan Pos SAR Mamuju menjadi Kantor SAR,” kata Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Marsda TNI Bagus Puruhito, ditemui di Palabuhan Poutere, Kamis kemarin.

Marsda TNI Bagus Puruhito menjelaskan, selain peningkatan status, Kantor SAR Mamuju di Sulawesi Barat juga akan didukung dengan sarana prasaran pendukung berupa penambahan kapal termasuk personel Basarnas dalam mendukung kerja Kantor Basarnas Mamuju.

“Otomatis dari pos menjadi Kantor otomatis harus diikuti dengan penambahan sarana prasarana alutsista kemudian akan reposisi kapal kemungkinan ada kapal yang lebih besar dibikin juga dengan penambahan kapal-kapal besar,” katanya.

Persiapan juga termasuk akan melaksanakan training sebelum datang ke Makassar.

“Kita masih sangat kekurangan dan kekurangan itu ditambah atau diperkuat, dibantu oleh potensi Sar TNI Polri kemudian Pemda, BPBD seperti itu kira-kira,” tambahnya.

Rencananya peningkatan status Pos SAR Mamuju menjadi Kantor SAR akan dilakukan tahun depan. Hal inipun diharapkan dapat mendukung kerja dari Basarnas di Indonesia Timur.

“Yang ada sekarang ini sedang dalam proses. Insya Allah dalam waktu 1 tahun ini kita sudah bisa,” paparnya.

Topik berita Terkait:
  1. Basarnas
  2. Kantor SAR Mamuju
Berikan Komentar
Komentar Pembaca