somberena parlementa

Ada 450 Unit Bus Shalawat Siap Layani JCH Indonesia 24 Jam di Makkah

Minggu, 14 Juli 2019 10:36 WITA Reporter : Makassarmetro
Ada 450 Unit Bus Shalawat Siap Layani JCH Indonesia 24 Jam di Makkah

MAKKAH– Kementerian Agama (Kemenag) sudah menyediakan bus shalawat (salat lima waktu) sejumlah 450 unit. Bus shalawat akan menyalani Jemaah Calon Haji (JCH) 24 jam selama di Makkah, Arab Saudi.

Minggu (14/7/2019), JCH asal Indonesia dijadwalkan tiba di Kota Makkah.

“Tahun ini jemaah akan menggunakan bus langsung dari hotel ke terminal di sekitar Masjidil Haram. Bila tahun sebelumnya ada beberapa rute yang mengharuskan jemaah berpindah bus untuk sampai ke Masjidil Haram, maka tahun ini sudah tidak ada lagi,” kata Kabid Transportasi PPIH Asep Subhana dikutip kemenag.go.id.

Layanan transportasi bus shalawat bagi jemaah haji pada tahun ini melibatkan dua operator bus. Pertama, bus  shalawat Saptco  yang akan melayani lima rute, masing-masing dengan nomor stiker bus nomor 4 yang mengakhiri perjalanan di terminal Bab Ali, dan bus bernomor 5, 6, 7, serta 9 yang akan mengakhiri perjalanan di terminal Syib Amir. Bus shalawat ini memiliki ciri  berwana merah.

Kedua, bus shalawat Rawahil yang akan melayani empat rute, masing-masing dengan nomor stiker bus nomor 8 dan 10 yang akan mengakhiri perjalanan di terminal Syib Amir,  serta bus bernomor 11 dan 12 yang akan mengakhiri perjalanan di terminal Jiad. Bus shalawat ini memiliki ciri bercat warna hijau.

Meski jumlah bus shalawat yang disediakan sudah cukup banyak, untuk menghindari penumpukan penumpang, Asep mengimbau jemaah untuk dapat datang lebih dini bila ingin sholat fardhu di Masjidil Haram.

“Pada saat ingin salat berjemaah di Masjidil Haram, wajib datang lebih dini, jangan mendekati waktu adzan. Sehingga tidak berebut dengan jemaah lain dan nyaman di Masjidil Haram,” pesan Asep.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca