somberena parlementa

Terima Mahasiswa Baru, UMI Makassar Banjir Peminat

Senin, 15 Juli 2019 19:55 WITA Reporter : Makassarmetro
Terima Mahasiswa Baru, UMI Makassar Banjir Peminat

MAKASSARMETRO – Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, menjadi primadona diminati calon intelektual muda, Mahasiswa Baru (Maba) 2019.

Hal ini terlihat saat para ribuan calon Maba ini mengikuti tes serentak atau ujian masuk di UMI Makassar, pada Senin (15/7/2019), di kampus tersebut, Jl. Urip Sumoharjo Makassar.

“Jadi, hari ini UMI lakukan tes masuk bagi calon Maba. Tes tahun ini, kita menggunakan dua jalur yaitu. Jalur UTBK dan jalur non UTBK,” kata Rektor UMI Makassar, Prof. Dr. Basri Modding kepada awak media.

Lebih lanjut, mantan Direktur PPS UNM menyampaikan tingginya peminat serta pendaftar calon mahasiswa baru (Maba) di UMI Makassar, 2019 mengalami peningatakan tahun 2018 lalu.

Dimana jumlah pendaftar melalui jalur online dan ofline hingga jelang tes mencapai 10.168 orang yang meminati 55 Program Studi dan 15 Fakuktas. Padahal pendaftar 2018 lalu hanya berkisar 8000 an.

“Kemudian kami juga sampaikan, dari dua jalur UTBK dan non UTBK ini. yang mendaftar itu 10.168 atau diprekdiski bisa capai 11 ribuan untuk tahun ini,” ungkapnya.

“Berbedah dengan tahun lalu. Dimana capai 800 an. Tahun ini lebih tinggi sekitar 48 persen,” sambung Basri Modding.

Tes penerimaan maba UMI tahun ini terbilang setara dengan PTN. Bagaimana tidak, UMI adalah PTS pertama di Indonesia yang menggunakan seleksi UTBK dan direncanakan. Kata Basri Modding, ke depan pihaknya akan melakukan kerjasama dengan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dibawah naungan Kemenristek Dikti untuk penerimaan mahasiswa baru.

“Kita akan lakukan kerjasama Dengan ltmpt dan insya Allah tahun depan kita akan sama dengan perguruan tinggi lainnya,”jelasnya.

Guru besar Fakuktas Ekonomi itu, mengatakan dari 10.168 pendaftar yang ikut tes hari ini, 47 persen diantaranya sudah melaksanakan ujian tulis berbasis komputer (UTBK). Sementara calon mahasiswa baru yang ikut non UTBK sebanyak 53 persen.

“Jadi hari ini yang ikut tes tertulis atau non UTBK sekitar 53 persen. Kami patut bangga karena UMI Makassar salah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia yang melaksanakan UTBK,” ujarnya.

Meskipun jumlah pendaftar mencapai puluhan ribu, namun pihak UMI Makassar sendiri bakal melakukan seleksi yang terbaik sesuai dengan kouta yang telah disediakan.

“Walaupun 10 ribu yang mendaftar kita tetap sesuaikan kapasitas yang ada sebanyak 5000 mahasiswa baru,” pungkasnya.

Sedangkan WR I UMI Makassar, Dr. Ir. Hanafi Ashad ST MT selaku ketua panitia penerimaan Maba menuturkan, peminat dan pendaftar terbanyak di tiga fakultas.

“Peminat terbanyak Fakultas Hukum 1.300 an. Setelah itu Fakultas Ekonomi 1.200 an. Ketiga Fakultas Teknik 1.100 an,” ujarnya.

Kendati demikian lanjut dia. Semua fakultas mengalami peningkatan untuk jumlah pendaftar. Pasalnya banyak peminat.

“Hampir seluruh fakultas mengalami peningkatan. Lebih lagi Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi,” katanya.

Diketahui, pada kesempatan ini. Jajaran civitas Rektorat dan pimpinan Fakultas lingkup UMI Makassar, melakukan pemantauan ujian di beberapa ruangan.

Topik berita Terkait:
  1. Mahasiswa Baru
  2. Pendidikan
  3. UMI Makassar
Berikan Komentar
Komentar Pembaca