somberena parlementa

Jika F8 Ditangani Swasta, Kemenpar RI: Bisa dan Tetap Kita Dukung

Selasa, 16 Juli 2019 14:42 WITA Reporter : Helmy
Jika F8 Ditangani Swasta, Kemenpar RI: Bisa dan Tetap Kita Dukung

MAKASSARMETRO – Kementerian Pariwisata RI menyebut belum menerima penyampaian resmi dari Pemerintah Kota Makassar terkait pembatalan Makassar Internasional Eight Festival and Forum atau F8.

Hal ini disampaikan Staf Ahli Menteri Bidang Multikultural Kemenpar Esthy Reko Astuti yang juga Ketua Tim Calender of Event Kemenpar RI.

“Saya belum menerima surat soal itu (pembatalan F8), kami belum tahu latarbelakangnya bagaimana dan alasan kenapa bisa sampai mau dibatalkan,” ungkap Esthy Reko Astuti saat dihubungi makassarmetro.com, Selasa (16/7/2019).

Meskipun betul hendak batal dilaksanakan, Esthy Reko menyebut daerah yang mengusulkan dalam hal ini Pemprov Sulsel dan Pemkot Makassar akan mendapat catatan tersendiri oleh Kementerian Pariwisata.

Diketahui, F8 telah masuk ke Calender of Event 2019 adalah usulan dari Pemerintah Provinsi untuk dikurasi kelayakannya sebagai event andalan Kemenpar RI.

“Event yang dikurasi itu berdasarkan usulan dari (Pemerintah) provinsi yang membawahi Pemerintah Daerah. Kalau ada pembatalan, harus ada penyampaian resmi soal alasannya seperti apa, baik dari Provinsi maupun Kota Makassar. Yang pasti kalau betul batal, itu akan menjadi catatan bagi kami,” kata dia.

Saat ditanya apakah pelaksanaan F8 bisa dialihkan ke pihak swasta, Esthy Reko mengatakan persoalan itu sah-sah saja. Dia menyebut, sebagian event wisata yang ada di Indonesia ditangani pihak swasta.

“Pelaksanaan event di daerah bergantung Pemerintah Daerah, kalaupun akan diserahkan ke pihak swasta, itu hal yang biasa, banyak kok event di daerah-daerah yang ditangani oleh swasta. Yang jelas kami tetap support,” ujarnya.

Sebelumnya, Senin (15/7/2019), Pemkot Makassar mengumumkan akan membatalkan pelaksanan F8 tahun ini.

Sekadar diketahui, F8 bukan hanya milik Makassar, namun juga event andalan milik Indonesia yang masuk dalam Top 10 Calendar of Event Wonderful Indonesia.

Topik berita Terkait:
  1. Dispar Makassar
  2. Event F8
  3. Kemenpar RI
Berikan Komentar
Komentar Pembaca