Sampah TPA Tamangapa Bakal Jadi Sumber Energi Pembangkit Listrik

Rabu, 24 Juli 2019 16:34 WITA Reporter : Helmy
Sampah TPA Tamangapa Bakal Jadi Sumber Energi Pembangkit Listrik

MAKASSARMETRO – Perkembangan industri dan penambahan jumlah penduduk di Kota Makassar tidak dapat dimungkiri kian meningkat dari tahun ke tahun. Peningkatan penduduk pula sejalan dengan meningkatnya sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tamangapa.

Pj. Wali Kota Makassar, Dr M Iqbal S Suhaeb turun langsung melihat bagaimana proses urai sampah di TPA Tamangapa, Rabu siang (24/7/2019).

Iqbal dalam kunjungannya meninjau langsung proses urai sampah menjadi pupuk kompos dan juga mengelilingi beberapa zona tumpukan sampah yang sudah terlihat seperti gunung.

Melihat keadaan itu, Iqbal Suhaeb berharap agar kondisi seperti ini segera dapat diatasi. Ia mengungkapkan akan memanfaatkan sampah TPA Tamangapa sebagai sumber energi Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) dan Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG).

“Agustus mendatang, sesuai perintah, amanat presiden, Pemerintah Kota Makassar akan melakukan market sonding dalam hal ini sebagai penekanan jumlah sampah akan diterapkan beberapa teknologi seperti listrik dan gas yang diharapkan pengelolaan sampah dapat lebih diefektifkan lagi selain adanya bantuan dari bank sampah yang saat ini sedang berjalan,” pungkasnya.

Pengelolaan sampah sesuai Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 13 tahun 2012 tentang Pedoman Pelaksanaan Mengurangi (reduce), Menggunakan Kembali (reuse), dan Daur Ulang (recycle) melalui bank sampah sudah cukup membantu Kota Makassar dalam persoalan sampah. Namun, tetap diperlukan upaya lainnya agar lebih efektif dan efisien.

Topik berita Terkait:
  1. Pengelolaan Sampah
  2. TPA Tamangapa
Berikan Komentar
Komentar Pembaca