somberena parlementa

Bagaimana Klasifikasi Penomoran Arsip? Ini Penjelasan Dinas Kearsipan Makassar

Jumat, 02 Agustus 2019 14:36 WITA Reporter : Makassarmetro
Bagaimana Klasifikasi Penomoran Arsip? Ini Penjelasan Dinas Kearsipan Makassar

MAKASSARMETRO – Penentuan nomor arsip sebagai upaya klasifikasi tidak boleh sembarang dilakukan. Kepala Seksi Pembinaan SDM Dinas Kearsipan Makassar, Dimyati mengungkapkan bahwa arsip dikelompokkan berdasarkan sifat desimalnya.

Sedikitnya terdapat 10 pokok masalah yang menjadi dasar pengelompokan arsip. Kesepuluh masalah tersebut kemudian diberi kode 000 sampai dengan 900.

“Dari 10 pokok masalah ini terlebih dahulu dibedakan antara tugas subtantif atau tugas pokok dan tugas fasilitatif atau tugas penunjang,” kata Dimyati.

Angka 100 s/d 600 merupakan kode tugas-tugas substantif, yang mencakup urusan Pemerintahan, politik, keamanan dan ketertiban, kesejahteraan, perekonomian, pekerjaan umum dan ketenagaan.

Sedangkan angka 000, 700, 800, dan 900 merupakan kode tugas-tugas fasilitatif yang mencakup urusan Umum, pengawasan, kepegawaian, dan keuangan.

“Kode ini untuk mengenali masalah yang dikandung dalam arsip, dan disamping itu juga sebagai alat penentu, dimana letak arsip itu dalam urutan hubungan masalahnya pada susunan seluruh arsip dalam simpanan,” lanjutnya.

Dia menambahkan kode ini juga menunjukkan adanya urutan sistematis dari masalah-masalah arsip dan kartu kendali dalam file yang kemudian disusul dengan kode pembantu untuk penyajian terkait masalah lainnya seperti perencanaan, penelitian, pendidikan, laporan dan lain-lain

Disamping itu juga ditampung masalah-masalah yang berkaitan dengan kerumahtanggan, seperti protokol, urusan dalam dan masalah-masalah yang tidak dapat dimasukkan dalam kelompok lainnya, seperti perjalanan dinas, peralatan, lambang negara atau daerah, tanda-tanda kehormatan dan sebagainya.

Jadi melakukan klasifikasi arsip tidak boleh sembarang dilakukan. Pengklasifikasian arsip oleh Dinas Kearsipan Makassar berprinsip tertib administrasi dan tertib kearsipan sesuai aturan yang berlaku.

Topik berita Terkait:
  1. Arsip
Berikan Komentar
Komentar Pembaca