somberena parlementa

Ini 5 Pola Pikir Agar Survive Cari Kerja

Jumat, 02 Agustus 2019 19:56 WITA Reporter : Makassarmetro
Ini 5 Pola Pikir Agar Survive Cari Kerja

MAKASSARMETRO – Bisa lulus kuliah dengan nilai yang memuaskan adalah dambaan setiap mahasiswa. Ya, dunia lulus kuliah bisa dikata adalah gerbang menuju pendewasaan diri yang sebenarnya.

Pada umumnya, lulusan fresh graduate memilih mencari pekerjaan. Namun, mencari kerja juga menjadi tantangan tersendiri bagi lulusan baru.

Menyiapkan mental matang-matang saat mencari kerja diperlukan. Selain juga jeli memanfaatkan peluang.

Nah, agar bisa bertahan di masa-masa mencari kerja, simak lima tips berikut. Tips sebagaimana dilansir dari Rimma.co

Sadar sudah bukan lagi mahasiswa

Menjadi anak kuliahan dengan segudang aktivitasnya memang menyenangkan, tapi ada banyak penyesuaian yang harus kamu lakukan jika sudah lepas dari gelar mahasiswa. Salah satu yang paling penting adalah kamu harus mulai serius memikirkan masa depanmu.

Pekerjaan apa yang ingin kamu dapatkan? Berapa nominal penghasilan yang harus kamu peroleh untuk bertahan hidup? Dan sejenisnya.

Semua harus dipikirkan matang-matang karena akan berpengaruh pada kehidupan yang akan datang.

Jeli melihat peluang

Lamaran ditolak berkali-kali bikin frustasi? Mungkin sudah saatnya melihat peluang yang ada di sekitarmu.

Bukan tidak mungkin jalan suksesmu justru datang dari hal-hal kecil yang sering terlupakan orang. Misalnya, kamu tinggal di area kampus yang dipenuhi mahasiswa-mahasiswa. Kamu bisa membuka usaha minuman atau makanan yang enak tapi terjangkau oleh kantong mahasiswa.

Siapa tahu, keberhasilanmu ditakdirkan dari jalan berwirausaha.

Jangan kecewa berlebihan

Setelah lelah bersaing dengan ratusan bahkan mungkin ribuan pelamar yang lain, mendapat kabar penolakan dari perusahaan yang kamu mau memang bikin kecewa.

Tak perlu berlarut-larut, karena satu kegagalan yang ditangisi terus menerus bisa menutup 100 pintu kesuksesan yang menunggumu. Bangkit dan cari kembali semangat itu.

Jika saat ini bukan momen keberhasilanmu, yakinlah kalau sebentar lagi kesuksesan itu akan datang padamu.

Jangan pasif

Di era teknologi yang canggih seperti sekarang, jumlah dan jenis lowongan pekerjaan yang ada bisa muncul setiap hari dalam berbagai platform.

Tugas kita adalah aktif mencari peluang itu satu per satu. Jadi, begitu lulus jangan cuma mengandalkan informasi lowongan dari internet.

Mulailah aktif bertanya pada pusat pengembangan karir di kampusmu, karena biasanya di situ ada berbagai perusahaan yang menawarkan kerjasama terkait rekrutmen kerja dengan lulusan sebuah kampus.

Tekun dan serius

Meski mungkin pekerjaan pertama yang kamu dapatkan bukan impianmu, atau gajinya jauh dari harapanmu. Jangan jadikan itu alasan itu bermain-main.

Jadikan pekerjaan pertamamu sebagai ajang pembelajaran dunia kerja. Resapi dan tekuni dengan serius.

Percayalah, hal ini akan memberi banyak manfaat pada perkembangan karirmu di masa depan.

Topik berita Terkait:
  1. Jobs
  2. Karir
Berikan Komentar
Komentar Pembaca