somberena parlementa

Dingin di Pagi Hari? Ini Penjelasan BMKG

Rabu, 07 Agustus 2019 11:16 WITA Reporter : Widya
Dingin di Pagi Hari? Ini Penjelasan BMKG

MAKASSARMETRO – Akhir-akhir ini, kita sering mengalami rasa dingin jelang pagi hari.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan penjelasan terkait rasa dingin yang mulai terasa jelang pagi hari. Penjelasan sebagaimana dikutip dari Instagram resminya di @infobmkg, Rabu (7/8/2019).

BMKG menjelaskan, panas yang dirasakan di bumi merupakan energi gelombang panjang yang dipancarkan bumi setelah menyerap radiasi matahari berupa gelombang pendek.

Panas permukaan bumi tersebut membuat hangat karena energi gelombang panjang tersebut dipantulkan kembali ke bumi oleh awan-awan diatas sana.

Nah, lebih dinginnya udara yang dirasakan sobat sekalian terutama pada musim kemarau ini disebabkan karena tidak adanya awan pada malam hari sehingga panas permukaan bumi atau gelombang panjang dipancarkan seluruhnya dan tidak ada yang dipantulkan kembali ke Bumi.

Dinginnya udara malam hari akan berlangsung hingga pagi hari menjelang siang hari hingga bumi kembali menyerap energi gelombang pendek dari matahari kemudian dipancarkan lagi ke atmosfer. Pada saat itulah akan kembali merasakan kehangatan panas bumi.

Topik berita Terkait:
  1. BMKG
Berikan Komentar
Komentar Pembaca