somberena parlementa

Orang Kepercayaan DPR RI Ditangkap KPK

Kamis, 08 Agustus 2019 13:35 WITA Reporter : Helmy
Orang Kepercayaan DPR RI Ditangkap KPK

MAKASSARMETRO – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan operasi tangkap tangan (OTT), Rabu malam (7/8/2019) sekitar apukul 21.30 WIB.

Ada 11 orang yang diamankan KPK. Mereka terdiri dari unsur swasta, pengusaha importir, sipir, dan orang kepercayaan anggota DPR RI.

“Betul tadi malam mulai jam 21.30 ada giat di Jakarta, 11 orang sudah diamankan di Gedung KPK,” ujar Ketua KPK Agus Rahardjo dalan keterangan tertulisnya, Kamis (8/8/2019).

Meski begitu, KPK belum merilis nama-nama yang diamanatkan dalam OTT tersebut.

Agus menyampaikan bahwa pihaknya menerima informasi transaksi. Diduga ada kaitannya dengan rencana impor bawang putih ke Indonesia.

“KPK sebelumnya menerima informasi akan terjadi transaksi terkait dengan rencana impor bawang putih ke Indonesia. Setelah kami cek di lapangan, diketahui ada dugaan transaksi menggunakan sarana perbankan,” tutur Agus.

Selain mengamankan 11 orang, KPK juga mengamankan bukti transfer Rp 2 miliar. Begitu juga dengan sejumlah uang Dollar AS dari salah satu orang kepercayaan DPR turut diamankan.

“Tim KPK mengamankan bukti transfer sekitar Rp 2 miliar. Selain itu, dari orang kepercayaan anggota DPR ditemukan mata uang asing berupa dollar AS, masih dalam proses perhitungan dan penelusuran,” ujar Agus

Kuat dugaan KPK duit suap itu ditujukan untuk salah satu anggota DPR dari Komisi yang bertugas di bidang perdagangan. Seperti halnya ke-11 orang yang telah diamanatkan, KPK juga belum mempublikasikan identitas anggota DPR yang dimaksud.

“Uang diduga rencana diberikan untuk seorang Anggota DPR-RI dari Komisi yang bertugas di bidang perdagangan, perindustrian, investasi,” kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah.

Diketahui, komisi yang mengurusi bidang perdagangan, perindustrian dan investasi adalah Komisi VI DPR RI.

Topik berita Terkait:
  1. DPR RI
  2. Korupsi
  3. KPK
Berikan Komentar
Komentar Pembaca