somberena parlementa

Tak Perlu Gelar Sarjana, Ini 5 Pekerjaan yang Bisa Bikin Kamu Mapan

Kamis, 08 Agustus 2019 09:07 WITA Reporter : Widya
Tak Perlu Gelar Sarjana, Ini 5 Pekerjaan yang Bisa Bikin Kamu Mapan

MAKASSAMETRO – Pendidikan memegang peranan penting untuk orang bisa mendapatkan pekejaan dan hidup mapan. Misalnya, untuk menjadi bagian dari Aparatur Sipil Negara (ASN) salah satu syaratnya adalah memiki ijazah minimal SMA.

Ada banyak perusahaan yang memberi syarat bagi calon pekerjaanya adalah minimal lulusan sarjana.

Harus diakui, pendidikan membawa pengaruh besar untuk kehidupan yang lebih baik.

Meski demikian, tidak semua orang mampu mengenyam pendidikan karena terkendala dengan masalah finansial.

Jangan berkecil hati, ada beberapa pekerjaan yang bisa Anda lakukan meski tak punya gelar sajana. Berikut, 5 rekomendasi pekerjaan yang tidak perlu gelar sarjana.

Fotografer

Ilmu fotografi bisa didapatkan tanpa melalui pendidikan formal. Apalagi, saat ini ilmu pengetahuan bisa diakses melalui internet.

Jika kamu berminat untuk menjadi fotografer, mulailah belajar ilmu fotografi melaui internet. Jika terbatas dengan alat, kamera handphone pun bisa menjadi alat untuk kamu berlatih.

Menjadi seorang fotografer tidak terbatas dengan alat. Siapkan keterampilan menguasai tentang fotografi adalah yang utama. Secanggih-canggihnya alat jika tidak dibarengi dengan keterampilan tidak juga akan membuahkan hasil yang maksimal.

Mulailah dengan hal-hal sederhana. Saatnya mengubah hobi untuk menjadi sumber penghasilan. Anda mungkin bisa menjadi fotografer wedding, wisuda, atau produk.

Desainer

Sama halnya fotografi, ilmu desain juga bisa didapatkan melalui internet. Ada banyak tutorial mendesain yang bisa kamu akses di platform media sosial YouTube.

Berbekal ilmu desain, Anda bisa menjadi seorang desainer majalah, buku, koran, atau tabloid.

Penulis

Menjadi seorang penulis di era perkembangan internet saat ini tidaklah susah. Karya tulis tidak harus terbit di media cetak, memanfaatkan platform blog pribadi bisa jadi pilihan.

Penghasilan dari menulis blog bisa didapatkan melalui Google Adsense. Selain membangun blog, keterampilan menulis juga bisa digunakan untuk menjadi seorang penulis freelance.

YouTuber

Tentu kenal dengan Raja dan Ratu YouTuber, Atta Halilintar dan Ria Ricis. Mereka adalah YouTuber Tanah Air yang terbilang sukses.

Dengan subscribers hingga jutaan, tentunya berpengaruh dengan pundi-pundi rupiah yang dihasilkan dari Google Adsense.

Jika kamu bisa kreatif membuat konten video, menjadi seorang YouTuber bisa jadi pilihan.

Penghasilan seoang YouTuber tidak hanya didapatkan dai Google Adsense bisa juga dari endorse produk jika memang ada yang bersedia.

Enterpreneur

Menjadi seorang pengusaha memang tidak harus bergelar sarjana. Ini bisa dilakukan bermodal ide. Soal modal usaha, urusan kedua.

Mulailah membangun usaha dari apa yang bisa kamu jalankan. Ingat, sebaik-baik usaha adalah yang kamu kuasai.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca