somberena parlementa

Upacara P2KMB Unhas Dihadiri Enam Ribu Maba 2019

Kamis, 08 Agustus 2019 17:45 WITA Reporter : Widya
Upacara P2KMB Unhas Dihadiri Enam Ribu Maba 2019

MAKASSARMETRO – Unhas menggelar upacara Penerimaan dan Pengembangan Karakter Mahasiswa Baru (P2KMB) yang dihadiri 6.137 mahasiswa baru tahun ajaran 2019/2020.

Prosesi P2KMB dimulai pada Pukul 08.30 Wita di GOR Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar, Kamis (8/8/2019).

Pembukaan P2KMB 2019 dihadiri Majelis Wali Amanat (MWA), Senat Akademik, rektor dan para wakil rektor, sekretaris universitas serta seluruh dekan fakultas.

Acara diawali dengan penandatanganan pakta Integritas. Perwakilan mahasiswa dari setiap fakultas membubuhkan tanda tangan pada pernyataan komitmen untuk menjaga integritas sebagai mahasiswa Unhas. Penandatanganan ini disaksikan orangtua masing-masing.

Dalam pidato penyambutan, Rektor Unhas, Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA menjelaskan pencapaian-pencapaian Unhas, baik di level nasional maupun internasional.

Sambutan Rektor Dwia dimaksudkan untuk memberikan kebangaan kepada mahasiswa baru 2019.

“Tahun ini Unhas peringkat ke-4 sebagai perguruan tinggi dengan minat terbanyak di Indonesia,” kata Dwia.

Dwia juga memaparkan peminat Unhas tahun ini. untuk Jalur SNMPTN, jumlah pendaftar yang memilih Unhas sebanyak 18.977 tapi yang diterima kurang lebih 1.378 mahasiswa saja atau hanya 7.26 persen.

Untuk jalur SBMPTN pendaftar yang memilih Unhas sebanyak 41.846, dan hanya 3.645 yang diterima atau hanya 8.7 persen.

Sementara untuk Jalur Mandiri JNS dan POSK sebanyak 2.375 dan yang diterima hanya 1.077 pelamar.

Fakta ini menunjukkan, Unhas terus menjadi perguruan tinggi yang diminati masyarakat.

Unhas juga saat ini tercatat sebagai perguruan tinggi peringkat ke-8 dari lebih 4.000 perguruan tinggi di Indonesia. Dalam rangking internasional, Unhas berada pada posisi 401 Asia QS Ranking.

Rektor Dwia selanjutnya mengharapkan agar para mahasiswa memanfaatkan kesempatan studi di Unhas dengan sebaik-baiknya, memanfaatkan keberadaan sumber daya yang ada di Unhas seoptimal mungkin.

“Kalian akan dibina oleh tenaga pengajar dengan kualifikasi terbaik. Unhas memiliki 1.616 dosen tetap, yang memiliki kualifikasi doktor sebanyak 1.020 orang. Unhas juga memiliki 298 profesor, yang merupakan salah satu terbanyak pada perguruan tinggi di Indonesia,” kata Dwia.

Mengakhiri sambutannya, Dwia juga mendorong mahasiswa baru untuk beraktivitas pada berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan lembaga kemahasiswaan baik di tingkat fakultas maupun program studi.

Mahasiswa dengan seragam hitam putih memenuhi kawasan GOR Unhas.

Kegiatan Pembukaan P2KMB diisi dengan materi oleh Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sulawesi Selatan, Brigjen Pol. Drs. Idris Kadir, S.H., M.Hum dan Ade Heri Kurniawan (staf ahli Pangdam XIV/HSN bidang ideologi).

Pembukaan P2KMB berakhir sekitar pukul 15.30 sore. Selanjutnya, acara P2KMB besok akan berlanjut di tingkat fakultas.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca